•   Workshop  
  • Kalau Yamaha MT-09 vs Kawasaki Z900, Mana yang lebih unggul?


    Belum lama ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan motor gede berpenampilan naked sport terbarunya, yaitu MT-09, tepatnya Agustus 2020.

    Sejak diluncurkan, motor ini dinilai menjadi lawan yang tepat untuk Kawasaki Z900 di kelas moge naked bike 900cc. Keduanya memiliki tampilan yang gagah dan menawan. Namun, siapa yang lebih unggul dari segi performa?

    Mesin

    Meski memiliki tampilan baru, Yamaha MT-09 tetap menggunakan basis mesin yang sama dengan generasi terdahulu. Dibekali dapur pacu 847cc dengan menggunakan konfigurasi tiga silinder segaris DOHC berpelengkap 12 katup yang mampu mengeluarkan daya hingga 113.4 Hp pada 10.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 87.5 Nm pada 8.500 rpm.

    Yamaha MT-09 telah menggunakan teknologi crossplane crankshaft yang diklaim adalah adopsi dari Yamaha di MotoGP.

    Moge terbaru Yamaha ini telah dibekali dengan tiga opsi berkendara, yaitu Mode Standar untuk ditempuh dengan perjalanan berbagai kondisi jalan. Lalu mode A yang bisa digunakan pemilik untuk mengeksploitasi ketangguhan mesin, serta mode B yang merupakan mode paling lembut dari kedua set up  yang tersedia.


    Di atas kertas, motor ini masih jauh kalah jika dibandingkan dengan rivalnya Z900. Motor naked produksi Kawasaki itu dibekali dengan mesin 928cc yang dapat menghasilkan tenaga 123.29 Hp pada 9.500 rpm dengan torsi maksimal 98.6 Nm pada 7.500 rpm. Kawasaki Z900 juga menggunakan mesin DOHC, namun dengan empat silinder segaris.

    Pada saluran pembuangan, Kawasaki memiliki sedikit ubahan yaitu konstruksi per-chamber dan silencer yang sudah dirancang ulang untuk suara yang dihasilkan semakin berisik. Tidak hanya itu saja, Kawasaki Z900 diklaim sudah memenuhi standar emisi Euro 5.

    Kawasaki Z900 sudah dibekali dengan empat mode berkendara, antara lain, Sport, Road, Rain, dan Manual.

    Akan tetapi, Kawasaki Z900 dalam pergantian transmisinya masih terbatas mengandalkan Assist and Slipper Clutch, belum ada Quick Shifter. Sedangkan fitur Quick Shifter sudah masuk pada MT-09.

     

    Pengereman

    Baik MT-09 ataupun Z900 memiliki kontrol traksi ataupun pengereman yang serupa.

    Keduanya menggunakan fork upside down (USD) berdiameter 41 mm di depan yang dipadukan dengan suspensi belakang mono atau tunggal, dengan jarak main 130mm.

    Kesimpulan

    Meski Kawasaki Z900 memiliki keunggulan di sisi kubikasi yang lebih besar, namun MT-09 juga memiliki keunggulan dengan menawarkan lebih banyak kemudahan berkat quick shifter yang dimilikinya.

    Soal harga, Yamaha MT-09 dapat di banderol dengan harga Rp. 250 juta, sedangkan Kawasaki Z900 di banderol dengan harga Rp. 235 Juta.




     Oleh : Indra Gunawan

    Sumber : Otomotif Kompas