•   Workshop  
  • Usai Nonton The Dark Knight, Pemuda Vietnam Bikin Batmobile Sendiri


    Mahasiswa arsitektur di Vietnam membuat Batmobile Tumbler sendiri, ia menghabiskan waktu 10 bulan dengan biaya Rp.319 Jutaan.

    Penggemar film Batman mungkin memimpikan mengendarai batmobile. Tetapi seorang mahasiswa di Vietnam rupanya tak hanya mempikan hal tersebut, dia langsung membuatnya sendiri.

    Seperti dilansir dari Oddity Central yang Humanonwheels kutip dari Otosia, mahasiswa asal Hanoi, Vietnam, bernama Nguyen Dac Chung mewujudkan mimpinya membangun Batmobile sendiri usai menonton The Dark Knight. Mahasiswa arsitektur berusia 23 tahun itu membutuhkan waktu cukup lama untuk membuat sebuah Batmobile, 10 tahun ia bisa menyelesaikan Tumbler Fungsionalnya yang merupakan kendaraan tank offroad, prototipe militer.

    Batmobile yang ia buat adalah yang muncul dalam trilogi The Dark Knight. Kendaraan besar itu pun menarik perhatian warga saat dipakai di jalanan Hanoi.

    Nguyen Dac Chung menghabiskan uang sekitar VND 500 Juta atau Rp. 319 Jutaan (Kurs VND = Rp 0,64). Dia mendapatkan uang untuk membuat mobil tersebut dari hasil usahanya memproduksi keperluan cosplay.

    Ada beberapa komponen yang diimpor dari luar negeri seperti Amerika Setikat dan juga Korea Selatan. Komponen tersebut merupakan ban raksasa.

     

    Batmobile ini bisa mencapai kecepatan 100 kpj dari mesin 400cc  4-silinder. Sistem suspensinya terdiri dari empat peredam kejut depan dua peredam kejut belakang, serta sistem pneumatik yang bisa dimodifikasi secara menyeluruh.

     Oleh : Indra Gunawan

    Source : VN Explorer