•   Workshop  
  • Hanya menggunakan 1-Silinder, berapa top speed yang dihasilkan motor Moto3?


    Meskipun berada di kasta terendah ajang MotoGP, Moto3 tidak bisa dipandang remeh begitu saja

    Moto 3 merupakan kasta terendah dalam ajang balap MotoGP. Meski begitu, teknologi yang ada pada motor di kelas ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

    Meskipun dapur pacunya hanya dihuni 1-silinder 250 cc. Namun, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 55 hp, dan kecepatan maksimumnya bisa menembus 250 km/jam.

    Selain teknologi canggih dan tingkat presisi yang luar biasa, bobot motor Moto3 cenderung ringan, maksimal 152 Kg, berat segitu juga sudah termasuk dengan pengendaranya. Oleh karena itu, power-to-weight ratio sportbike ini bisa mencapai 0,6 hp/kg.

    Total keseluruhan pembalap Moto3 adalah 33 pembalap yang tersebar di 16 tim. Tapi hanya 31 rider yang bisa turun ke sirkuit dan 2 sisanya adalah rider cadangan.

     

    Ada 7 tim menggunakan mesin dari Honda di motor Honda NSF250RW. Kemudian 8 tim mengandalkan KTM di KTM RC250GP. Sedangkan 1 tim yang tersisa dibekali oleh Husqvarna FR250GP.

     

    31 rider tersebut tetap menggunakan ban dari pabrikan yang sama, bukan Michelin melainkan Dunlop. Meski begitu, ada beberapa tingkat kelunakan yang bisa dipilih oleh masing-masing pembalap.

    Oleh : Indra Gunawan 

    Sumber : Otosia