•   Workshop  
  • Triumph Thruxton R Dibuat Brat Cafe


    ​“A&J Cycles, spesialis kustom motor berbasis Triumph kembali memamerkan Triumph Thruxton R bergaya ​brat cafe​ "

    A&J Cycles adalah nama pertama yang terbesit ketika berbicara mengenai motor kustom, terutama kustom motor berbasis Triumph. 

    Penggemar motor kustom bersiap untuk mengalami eyegasm​ dari karya terbaru A&J Cycles. Kru A&J Cycles kali ini merombak Triumph Thruxton R dengan gaya cafe racer​ atau yang lebih familiar disebut brat cafe. Memulai garapannya, mereka bergerak dari menetapkan konsep tampilan yang sederhana, namun dengan performa yang lebih baik. Berangkat dari perencanaan konsep tersebut, kru A&J Cycles preteli setiap bagian Triumph Thruxton R dan menyisakan hanya mesin dan rangkanya.



    Perombakan Subframe
    Subframe Triumph Thruxton R dirombak dan sistem kelistrikan dipindah ke bagian bawah mesin. Untuk mewujudkan konsep yang sederhana dan rapi, mesin ditutup dengan skid plate. Kemudian, di atas subframe tadi, terpasang jok kustom yang dibalut kulit berwarna coklat dari Keith’s Custom Seat. 

    Kru A&J Cycles Tetap Mempertahankan Tangki Asli 
    Tangki adalah salah satu bagian Triumph Thruxton yang tetap dipertahankan, namun sengaja dibuat raw finish​ dan hanya dilapisi dengan clear coat. Well, they want it simple. 

    ECU dan Exhaust System Baru untuk Performa yang Lebih Baik
    Tidak hanya konsep sederhana, di awal paragraf kita dijanjikan motor kustom dengan performa lebih baik. Untuk mewujudkan hal tersebut, Kru A&J Cycles melepas filter box dan memasang filter pod dari Sprint Filters sebagai gantinya. Pada motor kustom ini ada exhaust sistem yang baru dari BAAK Motocyclettes dan ECU yang diatur ulang oleh Kru.

    Jangan Lupakan Steering Damper untuk Jaga Kestabilan
    Pada sektor kaki-kaki motor, sok belakang diganti dengan Ohlins TR965. Kemudian garpu di bagian depan dilengkapi dengan steering damper. Steering damper membantu menjaga kestabilan ketika motor menempuh kecepatan tinggi dan juga ketika motor melintasi baik jalanan berbatu ataupun berpasir. Maka aksesoris ini juga sering disebut steering stabilizer karena fungsi utamanya yang menstabilkan.

    Visual Ban yang Gambot
    Kemudian kedua roda Triumph Thruxton R menggunakan pelek Kineo yang membuat efek pada ban belakang jadi lebih gambot. Visual ban yang gambot alias tampak besar dan lebar ini menambahkan aura sangar pada motor.

    Kunci Cafe Racer:
    Setang



    Aura cafe racer dari kustom motor ini didapat dari model setang yang diganti menjadi model clip-on woodcraft, sehingga memberi sensasi berkendara ala pembalap zaman dulu dengan keharusan keadaan badan sedikit membungkuk untuk pengendara mencapai
    setang. 

    Kuatkan Kesan Simpel dengan Sesuatu yang Digital
    Selain setang model clip-on woodcraft, motor kustom ini juga dipadukan dengan panel instrumen motogadget. Dengan panel instrumen yang digital, Triumph Thruxton R ini didukung untuk tampil dengan kesan yang lebih simple tapi tetap edgy. Triumph Thruxton R Brat Café ini juga dilengkapi dengan rem dari Rizoma, spion bar-end Motogadget hingga headlamp LED dari Motodemic, serta lampu sein dari Radiantz dan Kellermann. Kru A&J Cycles juga memasang cover mesin dari Webco untuk menambah tampilan sangar namun juga rapi pada Triumph Thruxton R brat cafe ini.

    Oleh : Essie Tiara Bethamonka