•   Tips  
  • Memasuki Musim Hujan, 2 Komponen Motor Ini Harus Dirawat


    Hujan bisa menjadi musuh untuk kendaraan, tapi tidak akan terjadi selama kita rutin melakukan perawatan dan penyesuaian

    Memasuki musim pancaroba, Indonesia mulai menghadapi hari-hari ditemani oleh hadirnya hujan. Dalam rangka menyambut musim hujan, pembaca yang punya motor harus mulai melakukan penyesuaian musim guna tetap menjaga kualitas motor.

    Dilansir dari Gridoto, ada dua komponen roda dua ini yang harus diperhatikan dan disesuaikan di era musim hujan, yaitu pelek jari-jari dan rantai motor.

    Pelek



    Image source: Gridoto Web

    Pelek adalah komponen motor yang rawan karat di kala musim hujan. Terutama untuk motor dengan pelek jari-jari, karena lebih rawan karat dibanding pelek casting dan pelek racing. Maka, perlu untuk segera cuci bersih bagian pelek setelah motor menerpa banjir dan lumpur.

    Air dan sabun saja sebenarnya sudah cukup, asalkan memang sampai pelek benar-benar bersih. Namun, pasti akan lebih baik juga apabila menggunakan cairan anti karat.

    Bedak bayi ternyata juga bisa digunakan untuk membuat pelek terlihat kinclong. Tapi, kalau ternyata bedak bayi tidak juga mempan, pelek harus diberi perontok karat dan diamplas halus agar karatnya hilang.

    Rantai Motor



    Image source: Gridoto Web

    Penyesuaian yang harus dilakukan pada rantai motor di musim hujan adalah mengendurkannya sedikit. Hal ini dikarenakan kerja rantai yang semakin berat kalau harus melewati genangan air atau banjir. Sehingga, kalau rantai pada motor terlalu kencang sementara kinerjanya semakin berat, rantai motor akan cepat aus.