•   Tips  
  • Sebelum Riding, siapkan hal berikut agar terhindar dari Microsleep


    Microsleep merupakan hal yang harus dihindarai saat berkendara, perhatikan hal berikut.

    Saat motoran, rasa kantuk dapat datang secara tiba-tiba. Bahkan tanpa kita sadari, pemotor dapat mengalami microsleep alias tidur dalam beberapa detik.

    Hal tersebut tentu sangat berbahaya. Ketika pemotor kehilangan kesadaraanya, maka lajut kendaraan pasti tidak akan terarah. Kondisi tersebut dapat memacu insiden, entah kecelakaan tunggal atau tabrakan beruntun.

    Dikutip dari otosia, Instruktur Safety Riding MPM, Hari Setiawan menjelaskan bahwa microsleep bisa terjadi hingga 30 detik. Dan dalam satu detik bisa kehilangan jarak 11,1 meter. 

    Lebih lanjut lagi, Hari juga memberikan beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum berkendara agar kita semua bisa terhindar dari Microsleep.

    1. Siapkan Road Map

    Ketika melakukan sebuah perjalanan, apalagi jarak jauh, disarankan untuk membuat road map atau rencana perjalanan. Road Map tersebut berisi perkiraan dimana Otolovers harus berhenti untuk istirahat. Dengan begitu, arah perjalanan Otolovers menjadi jelas, sekaligus kondisi tubuh tetap prima. 

    1. Perlengkapan Berkendara

    Kemudian, siapkan dan pakailah perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman. Seperti helm, jaket, celana panjang, sepatu dan sarung tangan. 

    1. Makanan Berkualitas

    Makanlah makanan yang berkualitas. Yang dimaksud makanan berkualitas bukanlah makanan yang asal kenyang, tetapi diperhatikan kandungan makanan yang akan dimakan. Usahakan jangan terlalu banyak karbohidrat, sebab hal tersebut mengundang kantuk. 

    1. Pakai Helm Double Visor

    Hal penting lainnya adalah memakai helm double visor. Hal ini penting karena kita bisa menghindari matahai yang dapat menyilaukan mata. Hal tersebut membuat mata cepat capek dan membuat mengantuk. 

    1. Melakukan Senam Kecil

    Hal penting lainnya adalah melakukan senam kecil sebelum motoran. Agar oksigen mengalir keseluruh tubuh dan siap untuk diajak bermanurver saat mengendarai motor. Paling tidak kita harus melakukan senam kecil selama 5-10 menit.

     


    Oleh : Indra Gunawan

    Source : Otosia