•   Tips  
  • 4 Tips Menerobos Genangan Air


    Musim hujan mulai tiba, banjir mulai muncul dimana-mana. Apa yang harus kita lakukan sebagai pengendara yang terpaksa harus menerobos genangan air di jalan? Ikuti 4 tips berikut ini!

    Tidak jarang terjadi banjir  di tengah musim penghujan ini. Tentu saja hal ini seperti mimpi buruk yang menjadi kenyataan bagi pengendara yang terlanjur berada di jalanan yang telah dipenuhi genangan.

    Pertanyaannya, sebenarnya boleh tidak sih untuk pengendara mobil menerobos genangan air?

    Dilansir dari Kumparan, genangan air yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada mobil. Jadi, sebisa mungkin untuk menghindari penerobosan genangan air.

    Namun, kalau memang dalam keadaan terpaksa harus menerobos genangan, maka pengemudi harus memastikan genangan maksimal setinggi setengah velg. Kalau tidak, filter udara bisa kemasukan air dan bisa menyebabkan waterhammer, yaitu keadaan ketika air memasuki ruang pembakaran mesin dan bercampur dengan oli. Hal ini bisa membuat mobil mengalami overheat dan ring seher jadi bengkok.

    Tidak hanya memastikan tinggi genangan air tidak melebihi batas toleransi, masih ada 4 hal yang harus dipastikan pengemudi yang memutuskan untuk menerjang genangan versi Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Soby Sumana.

    1. Hindari sisi paling pinggir jalan

    Genangan air tentu menutup seluruh permukaan jalan. Hal ini jadi mempersulit pengemudi dalam membedakan jalan, selokan, dan trotoar.

    Jadi, paling aman adalah untuk memastikan mobil tidak melaju di sisi yang terlalu pinggir. Pohon, tiang listrik, dan lampu lalu lintas bisa dijadikan patokan.

    1. Melaju dengan kecepatan rendah dan konstan

    Mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi ketika menerobos genangan air dapat membuat gelombang air pada genangan. Hal ini membuat genangan semakin tinggi dan berpotensi masuk ke lubang udara.

    Tips dari Sony untuk mobil manual dapat pakai gigi 1 dan hindari setengah kopling, sementara yang matic dapat menggunakan gigi L.

    1. Menjaga jarak


    Image source: Kumparan

    Menjaga jarak dengan mobil depan berguna untuk terhindar dari situasi terjebak di genangan apabila mobil di depan mengalami masalah seperti mogok.

    1. Cek kondisi pengereman setelah berkendara


    Image source: Kumparan

    Nah, selepas dari berkendara di genangan air, penting untuk teman-teman cek kondisi pengereman. Cara mengeceknya dapat dilakukan dengan menjalankan kendaraan dengan kecepatan rendah (sekitar 5km/jam sembari menginjak pedal rem berkali-kali.

    Meski 4 hal tersebut adalah hal yang harus diperhatikan apabila mobil kalian terpaksa menerobos genangan air, Sony menganjurkan untuk sebisa mungkin pengemudi memilih jalan lain.

     


    Oleh : Essie Tiara Bethamonka    

    Sumber : Kumparan.com