•   Tips  
  • Tips Agar Pengendara Motor Terbebas dari Kecelakaan Bersama Kendaraan Besar


    Kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar seperti truk dan bus pastilah sangat merugikan pengendara motor. Tak hanya dapat menghancur-leburkan motor, bahkan dapat menyebabkan korban jiwa. Oleh sebab itu, berikut tips agar terhindar dari kecelakaan ketika berkendara bersama kendaraan besar di jalan raya.

    Truk besar atau bus besar merupakan kendaraan yang paling ditakuti di jalan. Mengapa demikian? Wajar saja, pasalnya banyak kecelakaan terjadi yang melibatkan kendaraan besar ini. Masalahnya, apabila terjadi kecelakaan dengan keterlibatan truk atau bus, yang paling dirugikan adalah pengendara motor.

    Bagaimana tidak membahayakan bagi kendaraan roda dua ini, bodinya jauh lebih kecil dibandingkan dengan truk atau bus. Maka, kecelakaan yang melibatkan truk dan motor pasti merugikan pihak roda dua. Tak hanya dapat menghancur-leburkan kendaraan, tidak sedikit kecelakaan yang menyebabkan hilangnya nyawa pengendara motor.

    Faktor terbesar memang terletak pada kelemahan kendaraan berukuran besar ini,  yang tidak dapat mengerem dengan mantap secara tiba-tiba. Oleh karena itu, Human On Wheels hari ini akan memberikan tips untuk para pengendara motor agar tidak terlibat pada kecelakaan bersama truk ataupun bus.


    Image source: Kabaroto Web

    Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) menekankan hal terpenting dalam berkendara dengan truk berada di dekat kita adalah menjaga jarak. Jarak ideal untuk dapat dikatakan aman adalah seukuran satu bodi kendaraan besar tersebut, entah itu truk ataupun bus.

    Perihal lebih baik berposisi di depan atau di belakang kendaraan besar tersebut, dikembalikan pada pengendara motor. Yang jelas, kalau di belakang artinya kita memberikan kesempatan bagi si truk atau bus untuk lewat terlebih dahulu. Sementara kalau memang teman-teman pengendara roda dua dalam keadaan buru-buru, menyalip kendaraan besar boleh dilakukan asalkan dilakukan dengan segera dan terkontrol.

    Satu hal yang perlu diingat adalah jangan sekali-kali menyalip dan berhenti tidak jauh dari depan truk ataupun berjalan beriringan dengan kendaraan besar tersebut. Bahaya sudah pasti menanti.


    Image source: Motorplus Online Web

     


    Oleh Essie Tiara Bethamonka

    Sumber: Kabaroto.com Motorplus-online.com Regional.kompas.com