•   Tips  
  • Musim Hujan Alert! Lampu Sepeda Wajib Dipakai


    Hujan mengurangi jarak pandang pengendara di jalan, maka penting untuk teman-teman pesepeda menggunakan lampu sepeda di tengah musim ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan

    Tren sepeda masih berlangsung, meski musim mulai berganti ke musim penghujan. Tidak sedikit kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama musim hujan. Pasalnya, hujan mengurangi jarak pandang pengendara. Hal ini menjadi “lampu kuning” untuk pengendara sepeda. Mengapa? Karena sepeda bukan kendaraan yang dianugerahi lampu sejak pertama kali dibeli.

    Maka, memasuki musim hujan ini, baik untuk pengendara sepeda menggunakan lampu sepeda, baik depan maupun belakang. Dengan adanya lampu sepeda, pengendara lain bisa melihat keberadaaan sepeda dan kecelakaan pun bisa dihindari.

    Berikut deretan lampu sepeda yang bisa teman-teman pertimbangkan sebelum membelinya!

    1. Lampu Laser


    Image source: IDN Times Web

    Lampu laser ini, selain memberi terang di bagian belakang sepeda, juga memproyeksikan cahaya ke jalan. Seperti yang terlihat pada foto, lampu berupa garis yang ada di sisi kanan dan kiri sepeda.

    Cahayanya yang memberi jejak di jalan ini lah yang meningkatkan keterlihatan sepeda di jalan. Lampu ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp30 ribu di e-commerce.

    1. Lampu Samping


    Image source: IDN Times Web

    Tidak hanya harus terlihat dari depan dan belakang, penting juga untuk pesepeda bisa terlihat dari berbagai sisi mengingat kendaraan bisa datang dari berbagai arah. Maka, lampu samping akan berperan penting untuk visibilitas sepeda di persimpangan.

    Pesepeda bisa memilih lampu dengan visibilitas 180 derajat atau lampu yang dipasang di pelek sepeda.

    Lampu dengan visibilitas 180 derajat bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp90 ribu, sementara lampu yang dipasang di pelek sepeda dibanderol mulai dari Rp 15 ribu di e-commerce.

    1. Lampu Depan


    Image source: IDN Times Web

    Selain membantu pesepeda terlihat oleh pengendara jalan yang datang dari arah berlawanan, lampu depan berperan penting untuk membantu pesepeda melihat jalan di depannya di kondisi yang minim pencahayaan. Diperlukan lampu depan dengan cahaya yang kuat dan terang agar bisa melihat dengan jelas rintangan yang ada, seperti lubang misalnya.

    Apabila pesepeda dapat melihat rintangan di depannya dengan baik, pesepeda bisa segera mengambil tindakan yang tepat.

    Lampu depan sepeda dapat ditemukan di e-commerce dengan harga mulai dari Rp20 ribu.

    1. Lampu Belakang


    Image source: IDN Times Web

    Peran lampu belakang adalah membantu sepeda bisa terlihat oleh pengendara yang berada di belakang pesepeda. Lampu belakang ada dua jenis yaitu yang berkedip-kedip dan yang tidak.

    Biasanya, lampu yang berkedip-kedip lebih hemat daya baterai dibanding lampu yang menyala terus. Lampu belakang sepeda dapat ditemukan di e-commerce dengan harga mulai dari Rp10 ribu.

    1. Lampu Helm