•   Tips  
  • Ban Kendaraan Juga Butuh Perawatan


    Selain modifikasi kendaraan dalam menjaga estetika visual kendaraan dan juga menjaga kendaraan untuk tetap bersih, menjaga dan merawat ban--yang jarang diperhatikan juga penting loh!

    Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid dua telah diberlakukan di provinsi DKI Jakarta sejak September lalu. Dengan begitu, aktivitas di luar otomatis kembali diminimalisir yang juga berarti kendaraan pribadi akan terparkir lama di garasi rumah kita.

    Meski jarang digunakan, kendaraan harus tetap diperhatikan dan diberi perawatan.

    Di kesempatan ini, Human On Wheel akan berfokus pada informasi merawat ban kendaaraan.

    Berikut 3 hal penting yang harus diperhatikan dalam merawat ban.

    1. Kelayakan Ban

    Kelayakan ban dapat dilihat dari keausan ban kendaraan. Apakah alur permukaan pada ban sudah menipis atau belum. Permukaan ban yang tipis akan membuat ban tidak bisa mencengkeram jalan secara maksimal ketika melakukan pengereman. Hal ini bisa sangat fatal jika berkendara dalam hujan atau di atas jalanan yang basah.



    Image source: Cars World Web

    Maka, dianjurkan untuk pemilik kendaraan mengecek secara rutin kondisi ban. Kedalaman alur pada ban minimal 1.6 mm. Agar akurat, tentu harus menggunakan alat pengukuran.

    1. Membersihkan Batu Kerikil



    Image source: Otodriver Web

    Kerikil yang tersangkut pada alur ban mungkin terkesan sepele, namun bisa menimbulkan bahaya pada pengendara loh. Kerikil yang tersangkut pada alur ban dapat melukai ban dan membuat korosi timbul pada serat baja dalam ban.

    Kalau digunakan untuk berkendara, tentu kerikil yang nyangkut ini akan menekan permukaan ban secara terus-menerus selama ban berputar. Maka, lapisan ban akan rusak dan tentu saja umur ban jadi lebih singkat.

    1. Kelayakan Tutup Pentil Ban

    Tutup pentil ban juga sering disepelekan oleh pemilik kendaraan. Padahal benda ini memiliki guna memastikan tekanan ban tetap terjaga, menghalangi kelembaban masuk ke ban, menjaga tekanan, dan juga membantu menghalangi partikel debu yang dapat menutup pentil.

    Maka, dianjurkan untuk pemilik kendaraan juga mengecek komponen ban yang satu ini untuk memastikan apakah terdapat kerusakan atau kebocoran pada tutup pentil.

     


    Oleh : Essie Tiara Bethamonka

    Sumber: Otosia.com