•   Story  
  • Motor Unik yang tidak ada di Indonesia, Yamaha Niken


    Karakteristik Motor Gede sangat melekat di Yamaha satu ini, meskipun tidak ada di Indonesia, sepertinya menarik untuk kita ketahui jenis dan spesifikasinya

    Nama Yamaha Niken di Indonesia kedengarannya asing, karena motor gede tersebut memang tidak dipasarkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

    Yamaha Niken terbilang keren dan unik. Mengambil basis dari Yamaha MT-09, motor ini menggunakan 2 roda di depan dengan konfigurasi suspensi yang khusus.

    Konfigurasi tersebut diberi nama Leaning Multi-Wheeler. Teknologi ini memungkinkan sepasang suspensi depan upside-down dapat bergerak secara independen menyesuaikan track yang ditempuh.

    Menggunakan 2 Roda Depan, desain lampu utamanya tampak sangar dengan body melebar dan sepasang LED Headlight yang meruncing tajam. Posisi duduknya cenderung sporty dan bagian belakang Yamaha Niken kental dengan nuansa agresif.

    Yamaha Niken memiliki varian touring yang bernama Yamaha Niken GT. Tipe ini dilengkapi dengan windshield tinggi, Cruise-control, standar tengah, dan sepasang box di bagian samping belakangnya. Tak lupa, power-socket serta jok yang lebih nyaman untuk menempuh perjalanan jauh.

    Untuk urusan mesin, Yamaha Niken mendapat suplai tenaga sebesar 113,4 hp dengan torsi mencapai 87,5 Nm. Performa tersebut dihasilkan oleh mesin 3-silinder inline DOHC Liquid-cooled berkapasitas 847 cc.

    Oleh : Indra Gunawan