•   Story  
  • Mengenal Chris Lesmana, Desainer Senior Volkswagen asal Indonesia


    Tidak disangka, ada banyak anak Indonesia yang karyanya mendunia, salah satunya Chris Lesmana.

    Ada banyak orang Indonesia yang berbakat dan diakui dunia. Salah satunya adalah Chris Lesmana, pria asal Bandung, Jawa Barat yang menjadi salah satu perancang mobil Volkswagen. 

    Saat ini Chris menempati posisi sebagai desainer senior di Volkswagen AG. Pria pecinta Volkswagen ini merupakan aktor di balik desain eksterior beberapa mobil Volkswagen seperti VW Beetle keluaran terbaru dan Volkswagen UP!.


    Di jenjang pendidikan, Chris sebelumnya sempat mengenyam pendidikan Desain Produk di Institut Teknologi Bandung, tidak selesai dan mendapatkan gelar sarjana, ia pun berpindah dan melanjutkan sekolahnya di Sekolah Tinggi Desain Fakultas Desain Industri Jurusan Desain Transportasi di Pforzheim, Jerman pada tahun 1993 sampai 1997.

    Karier Chris diawali saat ia magang di pabrik Volkswagen di Wolfsbrug, Jerman selama 6 bulan pada tahun 1995. Berkat kinerjanya yang baik, pihak Volkswagen merasa puas dengan Chris, dan pada tahun 1996 kontrak magangnya diperpanjang lagi selama 6 bulan.

    Volkswagen AG sangat tertarik dengan Chris dan memberikan kontrak kerja sebagai pegawai, pada April 1997, Chris akhirnya resmi bergabung bersama tim Volkswagen AG.' 

    Chris bersama timnya terpilih untuk projek Volkswagen Beetle model 2012, tak hanya Beetle, Volkswagen mempercayai Chris untuk merancang eksterior mobil kecil VW lainnya, yakni VW UP!.

    Pada tahun 2012, Volkswagen UP! Karya dari Chris dinobatkan sebagai mobil terbaik yang dipilih oleh 64 juri yang merupakan Jurnalis otomotif dari seluruh dunia.

     

    Chris menggarap UP! Bersama dengan Klaus Bischoff, dan Marco Antonio Pavone, Desain patennya terdaftar di Amerika Serikat pada 2008. 

    Kini, sudah 20 tahun Chris berkarier di salah satu merek otomotif dunia, dan masih berkarya dengan Volkswagen AG.

    Oleh : Indra Gunawan 

    Sumber : Oto Detik