•   Story  
  • Old But Gold, Apa Sebenarnya yang Membuat Motor Tua Tetap Jaya?


    Faktor kemajuan teknologi yang pesat mempengaruhi produksi banyak motor dengan fitur-fitur canggih, namun kecintaan masyarakat pada motor tua tak kunjung padam.

    Image source: IDN Times Web

    Pasar sepeda motor seperti tidak pernah berhenti kedatangan  produk-produk motor baru. Meski begitu, kehadiran motor-motor dengan model dan spesifikasi baru tidak menenggelamkan peminat motor tua.

    Komunitas-komunitas pecinta motor tua sekarang ini lebih tersegmentasi, seperti komunitas vespa, komunitas motor CB, dan komunitas motor RX King. Menariknya, ada saja orang yang rela membeli motor tua dengan harga yang lebih tinggi dibanding motor keluaran sekarang.

    Dilansir dari IDNTimes.com, berikut alasan mengapa motor tua tidak lekang oleh waktu.

    1. Ketangguhan Mesin yang Tak Terbantahkan



    Image source: IDN Times Web

    Motor-motor zaman sekarang mungkin sudah dilengkapi dengan teknologi yang jauh lebih canggih kalau dibandingkan dengan motor tua. Namun, para pemilik motor tua pasti tahu mesin dari motor tua yang begitu tangguh dan prima. Misalnya saja mesin motor Yamaha RX-King atau Honda C70.

    1. Bisa Menjadi Peluang Investasi



    Image source: IDN Times Web

    Dinamisnya pasar otomotif membuat motor tua dinilai sebagai barang langka. Kelangkaan ini yang menjadi penyebab melonjak naiknya nilai jual motor-motor tua.

    Salah satu contoh motor lama yang nilai jualnya masih setara dengan motor keluaran baru adalah Suzuki Thunder 250. Suzuki Thunder 250 paling murah yaitu yang dari tahun 1999  dengan harga 15 juta.

    Teorinya, nilai jual berbanding lurus dengan kualitas dan orisinalitas motor. Maka, semakin baik kualitas dan orisinalitasnya, semakin tinggi pula nilai jualnya.

    1. Nggak Pernah Gagal Memancing Nostalgia



    Image source: IDN Times Web

    Motor tua lekat hubungannya dengan masa lalu. Maka tak jarang pengendara motor tua bercerita tentang kisah-kisah yang dilaluinya bersama motor tua tersebut. Misalnya, teringat masa-masa ketika membonceng gebetan  dengan Vespa PX-150.

    Motor tua juga bisa menjadi mesin waktu untuk mengetahui bagaimana perkembangan kultur motif di masa -masa jayanya motor-motor tua tersebut.

    1. Selalu Menjadi Pusat Perhatian



    Kawasaki Binter Merzy

    Image source: IDN Times Web

    Masih bersangkutan dengan kelangkaan motor tua, langkanya motor tua membuat kehadirannya tidak biasa terlihat di jalan raya setiap saat. Apabila ada satu motor tua turun ke jalan, pasti secara visual saja terlihat perbedaan yang signifikan dengan motor-motor modern lainnya.

    Motor zaman sekarang juga punya desain yang tidak kalah menarik, tapi karena populasinya besar membuat hadirnya tidak se-eksklusif motor tua, yang sedikit populasinya.  Misalnya Kawasaki Binter Merzy ini pasti bisa mencuri perhatian di tengah jalan raya yang penuh motor modern.

     

    Oleh : Essie Tiara Bethamonka

    Sumber: Idntimes.com