•   Story  
  • Berbingkai Kayu dan Handmade, Sepeda Alfredo Garansi Seumur Hidup


    Di tengah hiruk-pikuk popularitas sepeda di tengah masyarakat belakangan ini, dua pria asal Italia luncurkan sepeda dengan kayu sebagai materi utama.

    Sepeda menjadi barang otomotif yang sedang cukup populer belakangan ini. Di tengah popularitas sepeda yang kian menaik dan muncul banyak inovasi menarik seperti sepeda listrik dan lain sebagainya, dua lelaki asal Italia ini memilih jalur anti-mainstream dengan merilis Sepeda Kayu Alfredo. Mereka memilih untuk menghidupkan kembali “warisan” masa lalu.

    Nicolò Cellina and Michele de Benedictis, Penemu Sepeda Kayu Alfredo

    Image source: Designboom Web

    Sepeda ini dinamai Alfredo sebagai tribut untuk pesepeda asal Italia, Alfredo Binda. Sepeda Kayu Alfredo ini juga dibuat di kota kelahiran Binda, Cittiglio, Italia. Dinamai dengan Alfredo Binda dan dibuat di kota kelahirannya membuat sepeda ini menarik untuk di-kepo-in.

    Bukan clickbait, sepeda ini menggunakan kayu untuk seluruh kerangkanya. Fakta lain mengejutkan tentang Sepeda Kayu Alfredo ini adalah sepeda ini dibuat tangan!



    Image source: Auto Evolution Web

    Meski membawa kesan konvensional, para desainer yang terlibat mengupayakan kombinasi antara klasik dengan kontemporer. Berbahan dasar kayu, Alfredo dibuat dari kayu dengan kualitas tinggi yang berbobot ringan. Klaimnya, bobotnya lebih ringan dari sepeda berbahan dasar aluminium. Bobot yang ringan ini membuat Alfredo dapat melaju cepat dan gesit. Penggunaan kayu juga membuat sepeda melembutkan getaran dan menyerap benturan di perjalanan.

    Bingkai kayu Alfredo diberi perawatan anti air transparan, sehingga sepeda ini aman dikendarai dalam segala cuaca.

    Sepeda Kayu Alfredo dilengkapi cat matte yang bertugas melindungi sepeda dari goresan dan gesekan.

    Alfredo memberikan segalanya, mulai dari keunikan, estetika, dan performa yang baik. Selain itu, stok yang mereka keluarkan juga tidak banyak dikarenakan produksi yang memakan banyak waktu dan tenaga. Maka, Nicolò Cellina and Michele de Benedictis  mengeklaim sepeda mereka terjamin seumur hidup. Dengan segala yang Alfredo miliki, bahkan dalam waktu yang lama pun ia bisa menjadi karya seni.