•   Story  
  • Modifikasi C70 Jadi Super Mini, Pakai Pelek Vespa 8 Inci


    Honda C70 ini milik Joko Raharjo, meskipun kecil, motor ini dibekali dari mesin dari Karisma 125.

    Apakah ini Honda Supercub C70 terkecil di dunia? Bisa jadi, karena jika dibandingkan dengan Honda C70 lainnya, motor ini mengecil di banyak bagian.

    Terutama di kaki-kakinya, yang jadi unik dari modifikasi ini, motonya jadi semakin pendek.

    Salah satu biker dari Jakarta Selatan, memang hobby dengan motor mini dan mungil, Jokay, sapaan akrab dari nama asli Joko, menggemari motor mini sejak 2012.

    Untuk proyek Honda C70 mini, pria bernama lengkap Joko Raharjo memilih basis Honda Karisma 125 keluaran tahun 2006. Model yang dipilih bebek legendaris Honda C70 dengan kaki-kaki ala Honda Monkey.

    “Untuk C70 mini ini, sengaja saya ingin berbeda dari yang lain, karenda di Indonesia khususnya Jakarta belum ada yang memodifikasi Honda C70 dikecilin semua, mulai dari frame dan bodinya saya pakai C70 orisinal,” ungkap Jokay yang dikutip dari Motorplus-online pada 9 September 2020.

    Segala proses pengerjaan modifikasi ini, dikerjakan di bengkel Heru Custom yang berlokasi di Jl. Raya Bandung km. 6, Karangtengah, Cianjur, Jawa Barat.

     

    Dalam modifikasi ini, Honda Karisma 125 sendiri hanya di ambil mesinnya, mesin ini dipasang ke frame C70 yang sudah di custom jadi kecil. Sasis yang sudah dipotong, dipasangkan dengan bodi C70 orisinil. Bodi ini dipotong terlebih dahulu beberapa bagiannya agar terlihat proporsional dan menyesuaikan konsep. 

    Untuk bagian lampu, dipakai batok orisinil C70 dan lampu sein min custom. Headlamp ganti Daymaker berukuran 3,5 inci. Secara tampilan jadi mirip dengan Honda Super Cup C125.

    Bagian kaki-kaki yang banyak dirombak dari orisinl C70, seperti sok springer depan yang dikurangi panjangnya. Sedangkan bagian belakang masih pakai standar C70 agar tidak ketinggian.

    Pelek dipilih dari Vespa VBB dengan diameter 8 Inci, Pelek depan dengan lebar 2.50 inci dibalut dengan ban IRC SP2 ukuran 3.50-8 khas Vespa.


    Hasilnya motor jadi pendek banget, namun tetap proporsional karena bodinya yang ringkas.

     

    Ban Depan : IRC SP2 3.50-8

    Ban Belakang : IRC SP2 3.50-8

    Pelek belakang : Vespa VBB 2.50x8

    Sokbreker Depan : Honda C70 Custom

    Sokbreker Belakang: Orisinal Honda C70

    Tangki Bensin : Custom Orisinal Honda C70

    Knalpot : Custom Orisinal Honda C70

    Mesin : Honda Karisma 125

    Frame : Honda C70 Custom

    Setang : Honda C70 Custom

    Sakelar : Custom Duralium

    Headlamp : Daymaker 3,5 inci

    Lampu sein : Mini Custom

    Foostep : Custom

    Swing arm : Orisinal Honda C70 custom 10 cm

    Tutup rantai : Orisinal Honda C70 custom

    Body work : Orisinal Honda C70 custom

    Speedometer : Honda C70

    Keranjang Depan: Honda C70

    Rak belakang : Honda C70 Custom

    Jok : Custom MB Tech

    Stoplamp : Orisinal Honda C70

    Handgrip : Aftermarket

    Spion : Aftermarket

     

    Oleh : Indra Gunawan

    Sumber : Motorplus-Online.com