•   Story  
  • Torakusu Yamaha, Kisah sukses yang dimulai dari organ musik, hingga kendaraan bermotor


    Berawal dari alat musik, produknya kini digunakan hingga turun menurun di dunia

    Torakusu Yamaha adalah pendiri dari Yamaha Corporation, salah satu perusahaan yang paling terdiversifikasi di Jepang yang menawarkan produk dan jasa, terutama alat musik dan elektronik.

    Yamaha awalnya didirikan untuk memproduksi organ buluh pada tahun 1887, sebagai Organ Yamaha Manufacturing Company, perusahaan ini berdiri pada tahun 1897, dengan nama Nippon Gakki Company. 

    Di tengah pertumbuhan pesat Yamaha, Torakusu ternyata menghembuskan nafas terakhir pada 8 Agustus 1916. Setelah berpulangnya Torakusu, perusahaan ini dipimpin oleh Genichi Kawakami yang menjabat hingga tahun 1977. Yamaha pun mengembangkan industri otomotifnya

     

    Serangkaian percobaan dan riset pun dijalankan. Mulai dari mesin sewing, onderdil kendaraan, dan sepeda motor.

    Karena permintaan pasar dunia yang begitu besar, Yamaha Corporation pun akhirnya memilih fokus di Industri otomotif. Bersaing dengan Honda dan Suzuki. Pada 1955, Yamaha Corporation sukses membuat motor bernama YA-1 dengan mesin silinder tunggal 2 tak.

     

    Sebagai bentuk perluasan usaha, Yamaha pun membuka operasional di berbagai negara Asia, di Indonesia sendiri, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mulai beroperasi secara resmi pada 6 Juli 1974. Sejatinya, Yamaha telah menjalankan operasional usaha di Indonesia pada 1969. Bukan memproduksi melainkan hanya merakit komponen yang diimpor langsung dari Jepang dengan kapasitas 10 unit motor per hari.

    Sejumlah merk ternama seperti Yamaha RX-King, Yamaha Crypton, dan Yamaha Fiz-r menjadi tunggangan favorit masyarakat di Indonesia pada masanya.

    Kesuksesan Torakusu Yamaha yang menyebarkan produknya secara global patut diacungi jempol. Namun, bagaimana cara berbisnis dan jiwa filosofis sang pendiri bisa kita tiru dan diterapkan pada bisnis di Indonesia.

    Oleh : Indra Gunawan

    Sumber : Yamaha.com