•   Story  
  • SkyDrive, sukses uji coba mobil terbang pertama di dunia


    “Perusahaan Startup rintisan Jepang, SkyDrive Inc, yang didukung oleh Toyota akhirnya melakukan uji terbang di publik untuk mobil terbangnya setelah sebelumnya dilakukan pengembangan bertahun-tahun ”

    SkyDrive Inc, beberapa minggu yang lalu sukses mengumumkan kesuksesan mereka dalam uji coba mobil terbang pertama mereka di Jepang menggunakan model SD-03.

    Uji coba lepas landas ini berlangsung di Toyota Test Field yang luasnya 10.000 meter persegi, dengan menggunakan pilot dan mobil itu pun berhasil mengitari arena selama empat menit.

    “Kami ingin masyarakat menyadari bahwa mobil terbang adalah alat transportasi yang bisa di akses dan nyaman berkendara di udara dan orang dapat merasakan cara hidup baru yang aman, terjamin, nyaman”. Ucap Tomohiro Fukuzawa dikutip dari Mymodernmet.com pada Jum’at (4/8/2020).

    Mobil terbang itu pun tampak seperti pesawat kecil bertipe Vertical-Take-Off and Landing (eVTOL), yang dikabarkan akan menjadi moda transportasi di masa depan.

     

    SkyDrive SD-03 memiliki tinggi dua meter, lebar empat meter dan panjang empat meter atau sama dengan ukuran dua mobil city car jika diparkir berhimpitan.

    Layaknya pesawat, SkyDrive SD-03 memiliki dua pasang baling-baling yang akan bergerak ke atas ketika mobil tersebut lepas landas.

     

    Perusahaan ini belum memberikan keterangan pasti seputar jarak yang bisa ditempuh SkyDrive SD-03 dalam sekali terbang. Namun mereka memastikan bahwa model itu masih menjalani beberapa uji coba lanjutan untuk mematuhi ketentuan keselamatan Undang-Undang Aeronautika Sipil.