•   Story  
  • Yamaha L2 Series, Sport Naked Bike Pertama di Indonesia


    “Sebelum RX-King bertengger sebagai raja motor sport di kelasnya tahun 1990-2009, Yamaha juga sempat merajai kelas 100 cc di era 1970-an.”

    Berbicara tentang motor sport yang dimiliki oleh Yamaha, pabrikan dengan logo garputala ini untuk era sekarang dikenal dengan motor naked sport seperti Vixion. Namun ketika kita telaah lebih jauh, sebenarnya apa bentuk motor sport pabrikan Jepang yang pertama kali ada di Indonesia?

    Yup, Yamaha pertama kali mendistribusikan motor sportnya di Indonesia yakni dengan merk Yamaha tipe L2. Motor ini pertama kali ada di pasar sepeda motor tanah air pada tahun 1976 dan dihentikan produksinya pada tahun 1979 karena digantikan dengan model selanjutnya.

     

    Yamaha L2 sendiri memiliki tampilan gagah dan sporty pada zamannya, dengan rangka berbahan plat dan mesinnya dibiarkan terbuka layaknya motor model naked untuk era sekarang ini. Lalu pada bagian tangki penyimpanan bahan bakar berfungsi sekaligus menjadi body motor yang kemudian dipadu dengan jok model yang datar.

    Soal mesin, Yamaha L2 menggunakan mesin yang masih berteknologi 2 tak berkapasitas 97 cc, satu silinder dan perbandinga oli. Mesin tersebut dalam catatannya juga diklaim mampu mengeluarkan tenaga sampai 9,1PS yang kemudian dipadu dengan transmisi 3 tingkat percepatan untuk ditransfer ke roda belakang menggunakan rantai. 

    Yamaha L2 dilengkapi dengan 2 tangki, tangki pertama untuk bensin yang berkapasitas 8,6 liter, dan yang kedua untuk oli samping berkapasitas 1,3 liter. 

     

    Kaki-kaki Yamaha L2 dibekali dengan 2 suspensi teleskopik untuk mengapit roda depannya, begitu juga untuk bagian belakangnya dengan 2 shock untuk mengapit roda yang masih bermodel jari-jari. Pada roda tersebut sistem pengeremannya sendiri masih menggunakan teknologi tromol, baik untuk roda depan maupun roda belakang.

    Populasi Yamaha L series sudah terbilang jarang. Dahulu populasi terbesar motor ini terletak di wilayah Jawa dan Sumatra.

     

    Oleh : Indra Gunawan


    Sumber : gridoto.com