•   Story  
  • 15 Fakta Motor Pertama di Dunia, Daimler Reitwagen


    “Daimler Reitwagen, motor pertama di dunia dengan ​frame ​sederhana diciptakan di tahun 1885”

    Saat ini kita mengenal banyak jenis sepeda motor, seperti road bike, cub,skuter matic, cruiser, offroad, dan sport. Sebelum banyak inovasi dilakukan terkait pengembangan sepeda motor, tentu ada proses penciptaan pertama kali dengan model yang jauh lebih sederhana. Percaya atau tidak, sepeda motor pertama di dunia diciptakan sebelum masuk ke abad 20.

    Sepeda motor pertama di dunia diberi nama Daimler Reitwagen. Sepeda motor ini ditemukan oleh dua pria asal Jerman bernama Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach. Penemuan ini dinilai revolusioner karena memanfaatkan bensin sebagai bahan utama penggerak mesin.

    1. Daimler Reitwagen, Sepeda Motor Pertama di Dunia Ditemukan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, sepeda motor pertama di dunia ini digarap di Bad Cannstatt, Jerman. Tidak hanya menciptakan mesin, mereka pula yang mendesainnya. Mereka menyebut sepeda motor ini Daimler Reitwagen.



    2. Dipatenkan oleh Gottlieb Daimler Gottlieb Daimler adalah penemu utama si sepeda motor pertama di dunia ini. Beliau juga memastikan hak paten penemuannya ini secara resmi. Gottlieb Daimler ini juga diapresiasi atas kesuksesannya merakit mesin dengan pembakaran internal.



    3. Mesin Penemuan Mereka digunakan untuk Kapal dan Mobil Daimler dan Maybach terus melakukan inovasi pada desain mesin, sehingga mesin tersebut tidak terbatas untuk sepeda motor saja. Atas popularitas dan kepraktisannya, akhirnya mesin ini digunakan dalam konstruksi kendaraan beroda empat.



    4. Daimler Tidak Pernah Membuat Sepeda Motor Kembali Reitwagen menjadi proyek sepeda motor satu-satunya yang dilakukan oleh Daimler. Setelah Reitwagen, Beliau memproduksi dan membangun mesin dan unit tenaga, serta mulai merancang mobil.



    5. Penemuan ini Menyebabkan Produksi Mobil di Tahun Berikutnya Satu tahun setelah penemuan Reitwagen, mobil diproduksi. Tepatnya di bulan Januari 1886 ditetapkan sebagai hari penemuan kendaraan mobil. Bersama Carl Benz, Gottlieb Daimler juga dikenal sebagai penemu mobil.



    6. November 1885, Pertama Kali Daimler Reitwagen dikendarai Tidak ada kepastian mengenai tanggal, di bulan November 1885 Reitwagen melakukan perjalanan
    pertamanya di depan umum dengan jarak yang cukup signifikan yaitu sejauh 5 km.



    7. Pengendara pertama Motor ini adalah Paul, Anak Daimler Orang pertama yang mengendarai Reitwagen adalah anak dari Daimler sendiri, yaitu Paul. Ia mengendarai Reitwagen dengan 5-12 km/jam dari Cannstatt hingga Untertürkheim di Stuttgart.



    8. Kemudian Wilhelm Maybach Juga Melakukan Test Drive Partner Daimler, Wilhelm Maybach kemudian melakukan perjalanan dengan penemuan mereka dalam rangka ingin mengonfirmasi dan verifikasi penemuan mereka tersebut. 



    9. Kredibilitas Penemuan Ini karena Pemanfaatan Bensin Tidak seperti hari ini, di waktu itu bensin bukan sesuatu yang biasa digunakan sebagai bahan bakar, melainkan mesin uap. Oleh karena itu, Daimler mengklaim dirinya mengembangkan sepeda motor “sejati” pertama di dunia.