•   Story  
  • Porsche 550 Spyder Milik James Dean, Pembawa Malapetaka


    “LittleBastard, Julukan bagi mobil cepat milik mendiang James Dean yang membawa malapetaka bagi orang banyak”

    Selain rumah, benda mati lainnya seperti mobil yang lama tak digunakan juga sering dianggap menyimpan sebuah hal mistis yang kadang tidak bisa dimengerti oleh akal. Terlepas hal tersebut benar atau tidak, sebagian kisahnya tetap menarik untuk disimak. Terlebih lagi jika ada konspirasi lain di baliknya.


    Salah satu mobil yang sering diberitakan media karena konon katanya horor, adalah Porsche 550 Spyder milik actor tampan era 50-an, James Dean. Mobil cepat 4 silinder berkapasitas 1.498 cc asal Jerman tersebut dulunya sering digunakan oleh sang actor untuk kebut-kebutan di jalan. 



    Jenis mobil yang dimiliki James Dean ini merupakan edisi terbatas. Miliknya merupakan unit ke 130, (VIN 550-0055). Mobil Porsche 550 Spyder yang dijuluki “Little Bastard” itu diberikan rekan James Dean yaitu Bill Hickman bukan untuk mobilnya, melainkan ulah dari rekannya itu sendiri.

    Selain itu, pemberian nama Little Bastard yang terpasang pada body mobil itu juga disebutkan karena adanya kekesalan bos Warner Bros pada James Dean pada saat dia beradu acting di sebuah trailer East of Eden. Pada 30 September 1955, kecelakaan hebat menimpanya. Seorang kerabat Dean sempat memperingatkan tentang ‘aura aneh’ dari mobil tersebut. “Jika kamu masuk ke mobil itu, kamu akan terbunuh di dalamnya minggu depan,” katanya. Dan benar saja, Dean tewas pada tujuh hari berikutnya.



    Dean tewas di tempat, dan mobilnya hancur setelah menabrak sedan Ford Tudor di sebuah persimpangan kota Cholame, California, Amerika Serikat. Setelah kematian aktor stylish yang melejit lewat film “Rebel With a Cause” tersebut, “Little Bastard” tidak hanya membunuh James Dean. Mobil Horor ini juga membunuh dan mencederai banyak orang.

    Dilansir dari laman History, selain Dean, ada dua orang lain yang juga terlibat dalam kecelakaan tersebut, yakni pemilik sedan Ford bernama Donald Turdnupseed yang mengalami shock berat, dan juga mekanik Rolf Wutherich yang mengalami luka di sekujur tubuhnya. 

    Setelah peristiwa kecelakaan hebat itu, mobil tersebut diperbaiki dan sering kedapatan sering bergerak sendiri tanpa ada yang mengendalikannya. Bahkan, Porsche berhantu itu pernah melaju mendekati montir yang berdiri di dekatnya, kemudian mengahantamnya keras-keras, hingga tulang kaki sang montir hancur.

    Merasa ada yang tidak beres, akhirnya para montir mengambil keputusan untuk mempreteli seluruh komponen mobil dan mencoba menjualnya ke pembeli yang berminat. Setelah terjual, sialnya ada hal yang tak mengenakkan Kembali terjadi. Komponen-komponen yang terjual itupun membawa petaka baru bagi orang yang membelinya.

    Mobil yang akan menerima komponen mesin dan ban tersebut harus terlibat kecelakaan yang mematikan. Truk yang membawa sasis Spyder juga tergelincir di jalan tol dan membuat sopirnya tersebut kehilangan nyawa, dan yang anehnya lagi, bagian-bagian mobil lainnya lenyap dan sampai saat ini tidak ada yang pernah mengetahui keberadaannya. Tidak hanya itu, Wutherich juga turut dihantui rasa bersalah hingga mencoba bunuh diri dua kali selama 1960-an. Hingga akhirnya, pada 1967 ia mulai kehilangan kesadaran dan menikam istrinya 14 kali menggunakan pisau dapur. Lalu dirinya tewas dalam keadaan mabuk saat mengemudi pada tahun 1981.

    Banyak yang menyamakan kasus James Dean dengan kecelakaan seorang actor ternama Paul Walker yang juga tewas di dalam sebuah Porsche. Gara-gara kisah “Little Bastard”, kabarnya tidak ada yang berani menyentuh bangkai Porsche Carerra GT yang menjadi mobil terakhir yang dinaiki Paul sebelum sang aktor mengalami insiden tersebut.

    Oleh : Indra Gunawan