•   Story  
  • Bristol Cars : ‘Sampah’ Bristol Cars Bernilai Miliaran Rupiah


    “Seorang youtuber asal Inggris memberi tur bangunan terbengkalai dengan banyak mobil mewah bernilai tinggi di dalamnya”

    Bristol Cars merupakan perusahaan yang diprakarsai oleh mendiang Sir George White Bt yang mempopulerkan kendaraan bertenaga listrik pertama di Britania Raya pada tahun 1889. George kemudian melanjutkan dengan peluncuran London United Electric Tramways pada tahun 1901. Dikenalkannya bus bermesin di Bristol pada tahun 1904 membuat perusahaan George melambung tinggi. Transportasi umum berkembang menjadi taxi membangun pabrik “Bristol” untuk mengkomersialkan kendaraan bermesin pada tahun 1908 merupakan langkah yang sangat tepat. Karena kemudian Bristol Cars dengan unit-unitnya berhasil menguasai jalan-jalan di Bristol.



    Dengan mempekerjakan 70,000 laki-laki dan perempuan di pabrik miliknya, George merambah ke perakitan pesawat yang diberi nama The Bristol Aeroplane Company. Untuk tetap mempertahankan perusahaan, setelah Perang Dunia II perusahaan tersebut menjadi perusahaan manufaktur mobil dibawah standar  aircraft​ yang dikelola oleh cucunya, George S. M White.

    Bristol Cars yang mengalami likuidasi karena dampak COVID-19 pada bulan Maret 2020 ternyata memiliki harta karun yang disimpan di rumah mewah daerah Surrey, Inggris. Dilansir dari Daily Mail, sebelum dilikuidasi, Bristol Cars hanya memiliki 20 orang karyawan yang bekerja untuk memproduksi 100 unit mobil per tahun. Seorang youtuber bernama Ben yang membuat konten ‘urban explorer’ di channel youtube nya mengungkapkan bahwa di garasi bawah tanah rumah mewah terbengkalai tersebut berisi mobil-mobil yang sudah tidak terpakai.



    "Kami melakukan penelusuran bangunan yang ditinggalkan dan tak terpikir apa yang ada di dalamnya. Kami turun ke bawah dan menemukan mobil-mobil seharga jutaan Poundsterling di bawah tempat ini," ucap Ben dikutip dari Dailymail.co.uk pada Jumat, (28/8/2020).

    Video yang berdurasi sekitar 12 menit tersebut memperlihatkan garasi bawah tanah yang diisi oleh mobil-mobil fantastik yang sudah berdebu dan terbengkalai. Ben mengklaim bahwa tempat tersebut belum pernah didokumentasikan sebelumnya. Beberapa mobil terlihat utuh, beberapa setengah jadi dan ada yang hanya berupa kerangka. Banyak pula terdapat barang-barang seperti ban mobil dan kotak-kotak perkakas yang sudah tertutup debu.

    Hal yang menarik terungkap, harta karun yang disebutkan ternyata ‘sampah’ produksi yang sengaja diletakkan di garasi rumah mewah tersebut. Hal itu diungkapkan oleh seorang juru bicara Bristol Cars. Yang menyebutkan bahwa mobil-mobil serta barang-barang merupakan unit yang tidak terpakai.



    Mobil-mobil yang terparkir berdebu tersebut diantaranya: Prototype Bristol Bullet 406 yang diperkirakan berharga Rp 4 miliar, Bentley Continental Flying Spur tahun 2008 seharga Rp 388 juta,

    Bristol Fighter tahun 1982 yang dibuat hanya 13 buah yang pernah dilelang seharga Rp3,8 miliar, serta mobil balap F1 lengkap dengan ban dan onderdilnya. Mobil-mobil tak terurus itu ditaksir bernilai Rp. 19,3 (kurs Poundsterling Agustus 2020) oleh seorang juru lelang di Inggris. Dengan nilai yang fantastis mobil antik tersebut bisa menjadi primadona.

    Oleh : Essie Tiara Bethamonka