•   Story  
  • Kisah John DeLorean, yang Berakhir dalam Kekacauan


    “Kisah hidup dan perjalanan karir John DeLorean bergerak begitu cepat melesat berkat kerja keras dan mimpi-mimpinya, namun semuanya itu juga jatuh begitu cepat dan menghancurkannya”

    John Zachary DeLorean lahir pada tahun 1925 di Detroit, Michigan. Masa kecilnya Ia hidup dalan kemiskinan dan kekerasan. Ayahnya di hampir seluruh hidupnya bekerja di Ford, sehingga John pun mengikutinya bekerja di industri otomotif. Tetapi tidak seperti ayahnya, yang bahasa Inggrisnya buruk dan punya masalah dengan alkohol telah menghalangi sang Ayah untuk maju, dan berbeda dengan pemikiran anaknya, John DeLorean punya mimpi besar.

     

    Dalam beberapa tahun pertama karirnya di General Motors, Ia dengan cepat naik pangkat, mendapatkan reputasi sebagai maverick muda. Pada tahun 1964, Ia membuat mesin V8 6,4 liter terpasang dalam Pontiac Tempest, dan Pontiac GTO ini mejadi mobil otot sejati pertama Amerika.

    Inovasi ini, dikombinasikan dengan kepribadiannya yang ramah, menyebabkan John Delorean mulai terkenal di industri motor Amerika. Dalam dunia yang dijalankan oleh orang-orang berjas hambar dan konservatif, Ia adalah seorang rockstar: jago bicara dan pengambil risiko, sering terlihat memakai perhiasan mahal yang mencolok, beberapa kali menikah dan terakhir mempunyai istri seorang supermodel. John dielu-elukan sebagai orang yang akan membawa industri mobil Amerika melesat maju dan bisa bersaing dengan produsen-produsen mobil lawan dari  Eropa. 

    Pada tahun-tahun berikutnya, DeLorean menjadi wakil presiden termuda di General Motors. Tetapi John punya ide lain. Dia ingin meluncurkan merek mobilnya sendiri dan menciptakan sesuatu yang revolusioner. Dia meninggalkan posisinya di GM, dan pada tahun 1973, mendirikan DeLorean Motor Company. Dan dengan insentif beberapa juta pound dari Pemerintah Inggris, ia memutuskan untuk membuka pabriknya di Irlandia Utara, dan di sini lahir lah mobil pertama DMC, yaitu DeLorean alias DMC-12.

    Sebenarnya DeLorean bisa menjadi mobil yang benar-benar istimewa - tetapi pengembangannya terhambat oleh tiga masalah logistik utama, yaitu:

    • Kurang dana. Desain mobil yang tidak biasa ini membuatnya sangat mahal untuk dikembangkan.
    • Kurang waktu. Waktu antara proyek DMC-12 dimulai hingga mobil jadi yang terdaftar di jalan hanya 28 bulan. Hal ini juga menyebabkan staf pabrik kurang terlatih dan terlalu banyak lembur.
    • Lokasi Pabrik di Irlandia. Saat pengembangan mobil berlangsung, masalah antara serikat buruh dan kaum republikan di Irlandia Utara memuncak. Suatu malam, sebagian dari pabrik hancur oleh bom api, dan semua sketsa teknik asli hilang. Terlebih lagi, sebagian besar lantai pabrik sering harus dibagikan dengan tentara, yang menggunakannya sebagai pangkalan. Pekerja terpaksa puas dengan ruang yang tersisa dan terus bekerja. 

    Di sinilah awal semua kebangkrutannya dan masalah besar lainnya dalam hidup John DeLorean.


    “Kisah hidup John DeLorean adalah salah satu kisah paling menakjubkan dari dunia otomotif. Ini adalah kisah jatuh bangunnya berwirausaha, membuat inovasi dan... sejumlah besar kokain”

    Pada tahun 1981, setelah hampir 10 tahun sejak konsep DMC-12 dirancang, akhirnya pabrik berdiri dan mobil DMC-12 dapat diluncurkan ke publik. Dan selama  21 bulan sejak pabrik dibuka, sekitar 9200 mobil DMC-12 diproduksi. Namun sayangnya, semua itu sudah sedikit terlambat, saat itu daya beli masyarakat dalam pembelian mobil saat itu sedang merosot turun, dan ulasan mengenai DMC-12 tidak terlalu bagus dibandingkan dengan mobil lain yang ada di pasar. Artinya DMC 12 gagal. Dengan setengah mobilnya tidak terjual, dan perusahaan berhutang hingga $175 juta, DeLorean dalam kesulitan. Saat itulah Ia mulai mencari berbagai cara untuk menyelamatkan perusahaannya dan DMC-12 kebanggaannya.

    Dua tahun berproduksi, John DeLorean kehabisan dana, dan dalam upaya terakhir untuk menjaga perusahaannya tetap bertahan, Ia mengambil langkah-langkah putus asa. Pada Oktober 1982, John DeLorean ditangkap di sebuah kamar hotel di Los Angeles, dan terancam hukuman 67 tahun penjara atas kepemilikan sekitar $60 juta kokain. Diyakini dia telah membuat perjanjian dengan bandar narkoba internasional untuk mengangkut kokain tersebut dengan imbalan dukungan keuangan. 

    Dua tahun setelah penangkapannya, John dinyatakan tidak bersalah atas semua dakwaan, dan juri setuju bahwa ia telah menjadi korban jebakan. Tapi perusahaan, reputasi dan nama baiknya, sudah terlanjur hancur berantakan. Delorean Motor Company mengajukan kebangkrutan, dan tidak pernah membuat mobil lain.


    DeLorean meninggal pada tahun 2005, dan nisan di makamnya menampilkan DMC-12 dengan pintunya yang terbuka.

    Kalau kalian berminat punya DMC-12, masih mungkin lho untuk mencari dan membelinya. Sebagai barang kolektor, DMC-12 awal tahun 80-an kira-kira bernilai hampir $50.000. Tapi DMC-12 versi paling  pertama sudah pasti tidak terbeli dan sekarang disimpan dalam koleksi Western Reserve Historical Society di Cleveland.