•   Story  
  • Apa Sih yang Menentukan Setir Kiri dan Setir Kanan?


    Indonesia memiliki sistem setir di sebelah kanan, sementara beberapa negara lainnya memiliki sistem setir di sebelah kiri. Sebenarnya apa yang menjadi landasan letak kemudi sebuah kendaraan?

    Pertama-tama, mari kita mencatat daftar negara dengan setir kanan dan setir kiri.

    Tim setir kanan diisi oleh Inggris, Australia, Jepang, Indonesia, dan Malaysia. Sementara negara-negara Eropa seperti Prancis, Jerman, dan Belanda merupakan negara dengan kemudi di sebelah kiri.

    Asal-Usul Setir Kanan


    Image source: BBC Indonesia Web

    Nah, asal-usul setir kanan itu datang dari Inggris yang terbiasa berada di bawah kekuasaan Romawi. Tentara Romawi melakukan hampir semua aktivitas dengan tangan kanan. Saat bertempur, tangan kiri digunakan untuk mengendalikan kuda, sementara aktivitas bersenjata dilakukan dengan tangan kanan. Tentara Romawi berbaris di sisi kiri jalan dan hal ini berlaku di Inggris secara resmi hingga saat ini.

    Aturan perihal berkendara di jalur kiri milik Inggris diekspor ke Jepang ketika Inggris memiliki andil dalam perancangan desain kereta di Jepang. Maka, di Jepang pun muncul aturan yang mewajibkan berkendara di sisi kiri. Dengan berkendara di sisi kiri jalan, otomatis posisi setir berada di sebelah kanan.

    Dari sini kita tahu pasti bahwa Australia dan Malaysia mengemudi dengan setir kanan karena pengaruh Inggris. Bagaimana dengan Indonesia ya?

    Indonesia dan Setir Kanan

    Dilansir dari Zamane, Belanda mengenalkan setir di kanan pada awal penjajahan Belanda di Indonesia. Tapi, saat setelah iru Belanda dijajah oleh Perancis, Belanda berubah haluan dengan kemudi di sebelah kiri. Meski Belanda berubah haluan, perubahan ini tidak diikuti oleh wilayah jajahannya.

    Maka dari itu Indonesia tetap memiliki kemudi di sebelah kanan.

    Bagaimana dengan Amerika dan Setir Kirinya?


    Image source: BBC Indonesia

    Ternyata setir kiri di Amerika dipengaruhi oleh kebiasaan mereka dari zaman pedati dengan tenaga sapi. Biasanya kusir duduk di sebelah kiri dan tangan kanannya berguna untuk memegang cemeti dan mencambuk kuda atau sapi. Sehingga, cara terbaik untuk pedati melewati pedati lain adalah dengan berkendara di sisi kanan jalan (otomatis setir/kemudi berada di sebelah kiri). Hal ini pun tidak berubah walau transportasi sudah beralih ke mobil.

    Mungkinkah untuk Mengubah Letak Setir?

    Jawabannya adalah mungkin. Selain Belanda, Swedia adalah negara yang sempat mengganti sistem setir dari kanan ke kiri di tahun 1967. Hal ini pula yang sempat mendorong pemerintah Inggris untuk melakukan kajian kemungkinan beralih ke setir kiri pada tahun 1969. Tapi nyatanya, sampai saat ini peralihan setir tidak dilakukan karena semua infrastruktur yang sudah ada didesain menyesuaikan dengan sistem setir kanan.

    Maka beralih letak setir adalah hal yang mungkin, namun memiliki resiko penyesuaian yang besar apabila infrastruktur lainnya sudah dibangun menyesuaikan sistem setir yang sedang berlaku.

     Oleh : Essie Tiara Bethamonka

    Sumber: Bbc.com/indonesia Zamane.com