•   Story  
  • Henry Ford Terkenal sebagai Pria Berkarakter Baik


    Tak hanya beri dunia warisan berupa penemuannya di bidang otomotif, ternyata Henry Ford juga punya karakter yang baik untuk diteladani.

    Tak hanya dikenal atas penemuannya dalam perkembangan otomotif di dunia, Henry Ford juga dikenal sebagai seseorang dengan karakter yang baik. Maka tak hanya aset materi berupa Perusahaan Fordnya yang ia tinggal di dunia ini, tapi juga teladan karakter yang bisa kita contoh.

    1. Berani Eksekusi Mimpi Meski Hanya Keturunan Petani

    Ya, pendiri Ford Motor Company berasal dari keturunan seorang petani. Ayahnya juga menaruh banyak harapan untuk Ford meneruskan usaha pertanian ayahnya. Namun, Ford yang begitu tertarik pada dunia permesinan harus melawan keinginan ayahnya.

    Bukti kecintaannya akan mesin menghasilkan karya pertamanya yaitu sebuah kereta kuda. Penemuannya itu membuat banyak orang memuji karyanya tersebut.

    1. Pernah Memiliki Pekerjaan Sampingan sebagai Pelayan untuk Bertahan Hidup

    Ford merantau ke kota untuk belajar hidup mandiri ketika beranjak dewasa. Ia bekerja di sebuah pabrik di kota dengan gaji 2,5 dolar seminggu, sementara biaya hidup per minggunya 3,5 dolar.

    Tidak patah semangat, untuk dapat bertahan hidup, Ford mengambil pekerjaan ekstra sebagai pelayan di sebuah toko permata dengan upah sebesar 2 dolar.

    1. Berbakti pada Orang Tua

    Ketika sudah mulai mapan dengan pekerjaannya di kota, Ford mendapat kabar bahwa ayahnya sakit keras. Henry Ford segera kembali ke desa mengikuti permintaan ayahnya saat itu.

    1. Terus Berkarya Tak Peduli dimana Tempatnya

    Meski berada di desa untuk menemani ayahnya yang sedang sakit, kecintaannya pada mesin tidak ada jeda. Melihat aktivitas pembajakan oleh binatang di ladang, Henry Ford terpikirkan biaya makan untuk binatang yang terus berjalan, bahkan di musim dingin ketika binatang tidak membajak.

    Idenya pun terealisasikan dan menjadi penemuan berarti di sektor pertanian, yaitu mesin traktor.

    1. Sosok yang Romantis


    Image source: Ford House Web

    Kegigihan Henry Ford juga berlaku di dalam hal percintaan. Clara Bryant adalah pujaan hatinya yang tidak membalas perasaan Ford. Namun tidak kunjung berhenti, Ford terus melakukan usaha untuk mendapatkan hatinya.

    Henry melakukan pertunjukan sulap di dekat rumah Clara Bryant. Pertunjukan ini berhasil menarik perhatian orang-orang yang menonton dan juga Clara Bryant. Akhirnya Ford menaklukan hati dambaan hatinya yang semula menolaknya.

    1. Berkontribusi dalam Perang Dunia I


    Image source: Merah Putih Web

    Produksi traktor dan truk Ford di era Perang Dunia I dimanfaatkan pula dalam Perang. Mobil-mobil Ford ini digunakan untuk membantu para tentara yang terluka.

     


    Oleh : Essie Tiara Bethamonka

    Sumber: Finansialku.com