•   News  
  • Turki Berhasil Udarakan Mobil Terbang di Uji Coba Perdana


    Smart cars akan tergantikan dengan flying cars dan Turki sudah berhasil merealisasikan rancangan mobil terbang pertama mereka ke wujud nyata

    Wacana soal mobil terbang sudah sering kita dengar belakangan ini,. Bersamaan dengan itu beberapa negara juga mempersiapkan rancangan-rancangan mobil terbang, salah satunya Turki.

    Sekitar dua pekan lalu, Turki melakukan uji coba perdana pada mobil terbang rancangan mereka. Mobil terbang yang dinamai Cezeri itu berhasil mengudara dengan tinggi beberapa kaki dari tanah.

    Meski disebut mobil terbang, sesungguhnya Cezeri memiliki visual seperti quadcopter raksasa dengan fasilitas tempat duduk berkapasitas satu orang. Mobil terbang Turki ini berkemampuan melakukan lepas landas dan pendaratan secara vertikal. Seperti quadcopter, pergerakan Cezeri dikendalikan oleh remot kontrol.


    Image source: Detik Otomotif Web

    Selcuk Bayraktar, direktur teknis produksi mobil terbang Cezeri yang juga adalah menantu presiden Turki mengatakan bahwa masih dibutuhkan 10-15 tahun lagi sampai mobil terbang dijadikan alat transportasi umum di Turki. Sementara itu, dalam 3-4 tahun ke depan menurutnya mobil terbang akan menjadi salah satu fasilitas rekreasi di sana.

    Mengapa demikian? Mengapa tidak langsung diproduksi lebih banyak lagi dan segera dikeluarkan di pasaran?

    Menurutnya, setelah smart car, revolusi industri otomotif akan bergeser ke mobil terbang. Melihat dari sudut pandang yang demikian, Bayraktar lebih merasa bijak apabila Turki mempersiapkan untuk persaingan masa depan daripada hari ini.


    Image source: Detik Otomotif Web

    Fakta menarik lainnya tentang Cezeri adalah mobil terbang ini didesain dan dikembangkan oleh orang-orang lokal Turki. Nama Cezeri juga terinspirasi dari seorang insinyur muslim terkenal yang hidup  di antara tahun 1136 sampai 1206.

    Bayraktar juga memberi konfirmasi akan adanya rencana untuk melakukan uji coba mobil terbang dengan pilot manusia.

     


    Oleh : Essie Tiara Bethamonka

    Sumber: Oto.detik.com