•   News  
  • Ilegal! Mobil yang Kotor Ditilang di Rusia


    Mobil yang kotor mengurangi estetika dan juga kenyamanan pengemudi saat berkendara, tapi lebih ekstremnya di Rusia, mobil yang kotor dianggap ilegal dan bisa ditilang.

    Kebersihan mobil tentu menjadi faktor penting guna menunjang kenyamanan saat berkendara. Selain membuat suasana yang nyaman, menjaga kebersihan dan merawat mobil tentu juga menjaga nilai estetikanya yang membuat mobil enak dipandang.

    Meski begitu, tidak sedikit juga orang yang malas merawat mobilnya walaupun tidak perlu usaha yang begitu besar dalam melakukannya. Padahal tidak merawat mobil menyebabkan kerugian pada pemilik mobil sendiri seperti berkurangnya kenyamanan ketika berkendara, berkurangnya kepercayaan diri ketika membawa kendaraan, dan bahkan sampai ditilang. Iya, kalian nggak salah baca, d-i-t-i-l-a-n-g karena mobilnya kotor. Tapi, berlakunya hanya di Rusia kok. Teman-teman Indonesia yang mobilnya kotor jadi lega kembali.



    Image source: Hot Cars Image

    Dilansir dari Gridoto.com yang mengutip dari BBC, situs koran lokal Izvestiya mengadakan survei pada pembacanya mengenai indikator kotor yang dimaksud dalam peraturan tersebut.

    46% berpendapat bahwa kotor yang dimaksud adalah apabila plat nomor jadi tidak bisa terlihat, 23% berpendapat akan ditilang apabila mobil benar-benar dalam keadaan kotor, 22% memiliki pendapat apabila kotornya mobil mengaburkan warna mobil yang sebenarnya, dan sisanya berpendapat penilangan diberlakukan pada mobil yang kotornya hingga membuat sosok supir di balik kemudi tidak terlihat dari luar.

    Image source: Gridoto Web

    Berdasarkan respon pembaca yang mengikuti survei, parameter “kotor” pada peraturan masih terkesan “abu-abu”. Maka, ditilang atau tidaknya mobil benar-benar bergantung pada pihak kepolisian lalu lintas. Oleh sebab itu, penduduk Rusia tidak boleh malas membawa mobilnya ke tukang cuci mobil, atau setidaknya cuci sendiri untuk menghemat pengeluaran. Satu hal yang pasti, jangan biarkan mobil dalam keadaan kotor karena dendanya bisa mencapai 800 - 2000 Ruble yang setara dengan kurang lebih 400 ribuan rupiah.

     


    Oleh : Essie Tiara Bethamonka

    Sumber: Gridoto.com