•   News  
  • Peel P50, Mobil Terkecil di Dunia yang Limited Edition


    Sempat berhenti diproduksi sejak tahun 1974, mobil terkecil di dunia “Peel P50” kembali meramaikan jalan

    Tata Nano, Toyota iO, Aston Martin Cygnet adalah deretan mobil dengan label mobil terkecil di dunia. Namun mereka harus lengser karena hadirnya mobil dengan lebar tidak sampai satu meter bernama Peel P50. 

    Peel P50 diluncurkan pada tahun 1962 oleh Peel Engineering Company (PEC), tepatnya dirancang oleh pemiliknya yaitu Cyril Cannel. Hal unik dari PEC adalah sesungguhnya bisnis mereka fokus pada pembuatan kapal bermotor dari fiber dan fairing. 

    Peel P50 adalah mikromobil tiga roda (dua roda depan, 1 roda belakang) dan satu pintu, memiliki satu lampu depan dan satu wiper kaca depan. Maka memang mobil ini hanya berkapasitas satu orang saja. P50 dilengkapi dengan mesin 49cc yang dipasang dengan tiga percepatan. Kecepatan tertingginya mencapai 61 kilometer per jam, tapi Peel P50 ini tidak dilengkapi dengan gigi mundur.



    Image source: Kompas Otomotif Web

    Untuk dapat membayangkan betapa kecilnya Peel P50, mobil ini memiliki panjang 127 cm, lebar 99-104 cm. Bahkan berat mobil ini hanya 59 kg, mungkin bisa digunakan sebagai alat untuk mengangkat beban berat ketika berolahraga.

    Kendaraan beroda tiga ini hadir di pasaran dengan harga £199 yang setara dengan kurang lebih Rp 3 juta. Namun, saat ini mobil tersebut dibeli seharga £100.000 yang setara dengan Rp 1.5 miliar oleh kolektor.

    Oleh karena melambung tingginya harga pasar dari Peel P50, PEC yang tutup di tahun 1974 kembali dihidupkan oleh Gary Hilman dan Faizal Khan pada tahun 2010. Mereka memproduksi inovasi dari Peel P50.

     

    Peel P50 tampak belakang

    Image source: Kompas Otomotif Web

    Peel P50 yang baru tersedia dalam dua variasi yaitu Peel P50 bermesin bensin dan bermotor listrik. Berikut spesifikasinya:

    New Peel P50 bermesin bensin

    Bermesin bensin 49 cc, mesin bensin yang digunakan adalah tipe 4 langkah yang menghasilkan tenaga 2,5 kW dan torsi 4,2 Nm yang dipasang dengan CVT. Peel P50 bermesin bensin mengklaim konsumsi bahan bakarnya sebesar 50km/liter. 

    New Peel P50 bermotor listrik

    Peel P50 versi ini bermotor DC tanpa borstel (brushless) dan hasilkan tenaga 2,5 kW. Torsinya 14,4 Nm dipasang dengan CVT. Peel P50 listrik baterainya bisa dilepas. Kecepatan maksimal mobil ini 65 km/jam tapi jarak tempuhnya hanya 30km. 


    Oleh : Essie Tiara Bethamonka

    Sumber: Otomotif.kompas.com