•   News  
  • Biaya Maintenance Mahal? Berikut Tips Sederhana Untuk Merawat Skuter Matic Vespa


    “Skuter Matic Vespa menjadi idaman banyak orang karena bentuknya yang klasik tetapi memiliki performa yang fantastis, tetapi banyak juga yang mengeluh soal biaya maintenance-nya yang mahal”

    Skuter Matic Vespa pabrikan Piaggio ini mulai ramai di Indonesia sekitar tahun 2011-an. Saat itu Vespa mengeluarkan tipe LX dengan lampu depan yang khas berbentuk bulat.

    Meski modern, bodinya tetap dibuat dengan klasik seperti vespa pada umumnya, agak kembung dan hadir dengan varian warna-warni. 

    Setelah tipe LX laku di pasaran, kemudian muncul berbagai tipe lainnya seperti S, Sprint, Primavera, dan Super yang masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda pula.

    Banyak yang menggemari Vespa Matic, banyak pula yang mengeluhkan soal maintenance-nya yang mahal, sekali servis bisa sampai Rp 500 ribuan, belum lagi kalau ada sparepart yang mesti diganti, bisa merogoh kocek sampai jutaan rupiah.

    Agar tidak boros saat waktunya service, kalian bisa ikutin tips-tips berikut agar Vespa kalian tetap nyaman, dompet tetap aman:


    1. Menggunakan bahan bakar yang tepat

    Skuter Matic Vespa didesain untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi, paling tidak di atas RON 90. Kalau di Indonesia, kalian bisa menggunakan Pertamax yang memiliki RON 92, Pertamax Turbo RON 98, atau Shell Power RON 95.

    Kelebihan dari menggunakan bahan bakar oktan tinggi adalah proses pembakarannya akan maksimal, jadi tidak akan meninggalkan kotoran di selang bensin. Hal tersebut tentu saja membuat performa mesin terjaga dan tentunya tarikannya tetap enak.

    2. Service rutin setiap 10.000 kilometer

    Spare Part Skuter Matic Vespa terbilang mahal bila dibandingkan dengan motor-motor pabrikan Jepang. Karena itu kalian wajib merawatnya dengan benar kalau gak mau keluar duit banyak tiba-tiba.

    Cara agar tetap menjaga setiap part-nya tetap awet adalah dengan rajin-rajin service. Service bisa meliputi pengecekan kelistrikan, ganti oli, sampai pembersihan CVT. Service rutin ini dilakukan paling tidak setiap 10.000 Kilometer. 

    3. Jangan kebut-kebutan di jalan yang rusak

    Jalanan di Indonesia bisa dikatakan belum 100 persen mulus, pasti ada beberapa spot jalanan berlubang, termasuk di Ibu Kota Jakarta. 

    Untuk pengendara Skuter Matic Vespa, jangan asal trabas aja kalau ada jalanan yang rusak. Sebisa mungkin pelan-pelan bahkan kalau bisa di hindari. 

    Melaju di jalanan rusak bisa berpotensi merusak Shockbreaker dan juga Socket-socket yang ada di dalam body.