•   News  
  • Intip Naked Sport Version Kawasaki ‘Z25R’


    ​“Belum sampai satu bulan Kawasaki luncurkan ZX-25R, pembelian capai 1.900 unit”


    Belum ada sebulan diluncurkan Kawasaki ZX-25R telah dipesan sebanyak 1.900 unit di seluruh Indonesia dengan produksi 2.000 unit per tahun. Meskipun penjualan masih tentatif peminat Kawasaki ZX-25R ini terus bertambah. Kenyataan ini cukup mengejutkan karena Kawasaki SX-25R hanya berada klasifikasi kecil motor sport 250cc. Kawasaki ZX-25R dibanderol dengan harga Rp. 96 juta sedangkan versi SE/ABS Rp. 112,9 juta. Harganya lebih mahal sekitar 30 juta jika dibandingkan dengan motor 250cc dengan 2-silinder. Meskipun begitu, dengan harga yang demikian tidak menyurutkan minat pembeli Kawasaki ZX-25R ini.

    Kawasaki ZX-25R telah dikirimkan ke konsumen yang melakukan pre-order pertama pada tanggal 11-12 Juli pada KMI di pertengahan Juli. Yang dikirimkan adalah Kawasaki ZX-25R versi standard. Dengan melihat flowproduksi serta situasi sekarang yang sedikit lebih sulit, versi SE/ABS akan dikirimkan pada bulan Agustus 2020 ini.



    Melihat high demand dari Kawasaki ZX-25R, Kawasaki berencana membuat versi naked bike nya. Belum lama ini beredar bocoran desain buatan julaksendiedesign.com. Dia menyebut motor ini Z25R tentunya bukan nama resmi yang diberikan oleh Kawasaki. Z25R akan dibuat dengan 4-silinder dimana mesin dapat menghasilkan tenaga hingga 51 PS. Dengan mengadaptasi desain Z250, pada bagian lampu dan tangki bensinnya. Pada bagian seperti sasis, swing arm, bahkan buritannya sama persis dengan Ninja ZX-25R, bedanya Z25R digabungkan dengan bagian belakang dari ZX-25R dan tidak ada fairing depan . Lampu, speedometer, dan spionnya akan dibuat bulat, dengan jok tandem di bagian tengah. Naked-bike dengan suspensi depan teleskopik, bukan upside-down. Dengan dibekali mesin berkapasitas 250 cc, dengan power sebesar 49 dk dan torsi 22,9 Nm.

    Dilihat dari sejarahnya, Kawasaki selalu mengeluarkan versi naked setelah mengeluarkan motor full fairing. Misalnya, saat Ninja 2-silinder yang masih menggunakan karburator diluncurkan, sesaat kemudian Kawasaki meluncurkan versi naked-nya yaitu H Z20. Di Indonesia sendiri Kawasaki sudah tidak bermain pada segmen naked-bike. Dikarenakan pasaran H Z20 telah mati sejak 2018. Jika hingga 2020 atau 2021 Indonesia tidak tertarik dengan naked-bike version, akan dilempar ke Thailand terlebih dahulu. Ditambah dengan harga Ninja 250 dengan 4-silinder tidak murah.

    Kawasaki lagi-lagi berhasil menarik atensi dan minat pecinta otomotif di Indonesia dengan dikeluarkannya ZX-25R dan disusul rumor versi naked-bike membuat pecinta otomotif menyiapkan extra money untuk membeli ninja 4-silinder ini. Kabarnya yang kontroversial membuat posisi naked bike ini semakin berada di atas udara. Hal tersebut akan mempengaruhi demand, prideserta kedudukan motor 4 silinder yang kabarnya akan dikeluarkan oleh Kawasaki.

    Oleh : Essie Tiara Bethamonka