•   News  
  • Hindari Tabrakan Beruntun di Tol, Ikuti 6 Tips Ini


    Jalan tol terkenal dengan kecelakaan lalu lintas berupa tabrakan beruntun. Penyebab utamanya adalah kelalaian pengemudi. Ikuti 6 tips ini untuk tidak menjadi pengemudi yang lalai.

    Meski jalan tol tidak berliku-liku, tidak jarang terjadi kecelakaan lalu lintas. Salah satu di antaranya adalah tabrakan beruntun. Bahkan dilansir dari IDN Times, baru saja terjadi tabrakan beruntun di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Kabupaten Subang, Jawa Barat di hari Minggu, 18 Oktober 2020.

    Penyebab terjadinya tabrakan beruntun pada umumnya tak lain tak bukan adalah kelalaian pengemudi. Nah, di kesempatan ini Human on Wheels membagikan tips berkendara anti tabrakan beruntun di jalan tol.

    1. Jangan Bandel, Ikuti Aturan Batas Kecepatan Maksimal


    Image source: Kompas Otomotif Web

    Aturan tentang batas kecepatan maksimal biasanya selalu ada di setiap ruas tol. Pada umumnya kecepatan maksimal yang diizinkan adalah 80-100 km per jam. Bukannya iseng, peraturan ini dibuat untuk keamanan seluruh pengendara di jalan tol. Jadi, jangan bandel dan pastikan kamu tidak melebihi batas kepecepatan ya.

    1. Jaga Jarak dengan Kendaraan di Depan


    Image source: IDN Times Web

    Penting untuk menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan guna berjaga-jaga apabila kendaraan di depanmu secara tiba-tiba melakukan manuver. Kalau kamu menjaga jarak, maka kamu masih memiliki ruang dan waktu yang cukup untuk mengantisipasi terjadinya tabrakan.

    Seberapa jauh sih seharusnya jarak antara kendaraan kita dengan kendaraan di depan?

    Dilansir dari IDN Times, jarak yang aman sebanding dengan kecepatan kendaraan. Jadi, jika kendaraan kamu melaju dengan kecepatan 80 kpj, maka jarak aman dengan kendaraan depanmu adalah 80 m.

    1. Memperhatikan Kontur Jalan