•   News  
  • Adega Anggayasta ubah Supra X jadi Pesawat NASA


    Sudah banyak yang beralih ke motor matic, membuat motor bebek menjadi terlupakan, salah satu cara untuk tetap menjaganya ialah dengan memodifikasi.

    Peminat motor bebek kian menurun dan banyak yang mulai meninggalkannya. Namun, ada beberapa orang yang memilih untuk memanfaatkan motor bebek sebagai basis motor custom.

    Salah satunya adalah Adega Anggayasta, Rainbow Moto Builder. Dega sengaja melakukan custom motor bebek Supra X, dari awalnya memiliki kesan kuno dan sudah dilupakan, Dega menyulap motor bebek ini menjadi motor keren yang futuristis.

    Dalam modifikasi ini, Dega mengusung tema streetcub futuristis dengan konsep pesawat ulang alik milik National Aeronautics and Space Administration (NASA), yakni Challenger OSS.

    Dalam pemilihan konsep tersebut, Rainbow Moto Builder yang bertanggung jawab. Tapi, dalam proses pengerjaan, turut mengajak seniman lainnya untuk berkolaborasi seperti Anak Mami Custom dan Dice Sticker.

    Dilansir dari Kompas.com, Dega mengatakan “Konsep desain utama dari kita, tapi body part dikerjakan Anak Mami Custom. Sedangkan decal, dikerjakan Dice Sticker. Diluar itu semua, kita yang garap”.

    Pengerjaan motor ini lumayan membutuhkan waktu, kurang lebih 7 bulan, karena harus saling koordinasi dari wilayah berbeda-beda, yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Yang menjadi unik dari modifikasi ini adalah, Dega menggunakan stang sepeda fixie agar sesuai dengan konsep yang diusung. Spidometernya juga diganti ke digital keluaran aftermarket serta kunci kontak ditanggalkan dan diganti ke model keyless dengan alarm.

    Untuk urusan dapur pacu, mesin supra tersebut sudah di bore up ke 130 cc dengan paket BRT. Untuk knalpotnya,  hasil custom dan dibuat dengan model under belly.

    Oleh : Indra Gunawan