•   News  
  • Hitungan Detik Mobil Balap Berada di Pit Stop Belum Berlaku di Era 50-an


    Pemandangan mobil balap yang masuk area pit stop menjadi tontonan yang cukup menyenangkan karena kecepatan kerja pit crew. Namun, pit stop F1 di 1950 belum demikian. Bahkan menggunakan martil untuk bongkar pasang roda loh!

    Pit stop adalah tempat kendaraan balap berhenti untuk mengisi bahan bakar, dan atau melakukan perbaikan dan penyesuaian mekanis. Di pitstop tim balap mengatur strategi, tapi juga mempersiapkan agar kendaraan siap beradu cepat dengan bantuan tim jago mekanik. Oleh karena itu, pit stop memiliki deretan peralatan mekanik.

    Ajang balap tersohor Formula 1 juga memiliki pit stop. Dilansir dari Otosia, bahkan pit stop memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam menentukan kemenangan. Hal ini karena pit stop tidak hanya bermanfaat dalam mempersiapkan mobil sebelum balap, melainkan kepiawaian tim mekanik bekerja cepat ketika mengganti roda dan mengisi bahan bakar saat balapan.

    Tak dapat dipungkiri, selain menyaksikan ajang balap, perhentian di pit stop cukup menjadi tontonan yang menyenangkan. Pasalnya, dalam hitungan detik mobil balap dapat kembali ke trek dengan roda yang sudah diganti dan bensin yang sudah diisi. Hal ini pasti juga karena pit stop sudah didukung dengan berbagai peralatan canggih.

    Namun, di era 50-an ternyata pit stop Formula 1 tidak bekerja secepat sekarang. Dapat dilihat dari video berjudul “Formula 1 Pit Stops 1950 & Today” pada kanal Youtube CpatainCanuck.

    Berdasarkan video tersebut, dapat kita saksikan penggunaan martil untuk membongkar pasang roda. Pun, bongkar pasang roda tidak berlangsung dalam waktu yang singkat.


    Image source: Gridoto Web

    Jauh sekali kecanggihan serta efektivitas waktu di pit stop era 50-an jika dibandingkan dengan yang sekarang.

    Fakta lainnya tentang pit stop F1 1950 adalah adanya batas jumlah orang yang boleh menyentuh mobil yang masuk pit stop, yaitu 4 orang dengan pembagian tugas: satu orang mendongkrak, satu orang mengisi bahan bakar, satu orang mengganti ban, dan satu lagi driver.

    Berbeda sekali dengan era sekarang yang memperbolehkan 18 orang untuk menyentuh mobil di pit stop. Pembagian kerja yang detil ini bisa jadi salah satu faktor singkatnya waktu yang dibutuhkan mobil balap berada di pit stop.



    Image source: Gridoto Web

    Oleh : Essie Tiara Bethamonka 

    Sumber: Gridoto.com Otosia.com