•   News  
  • Cara untuk ikut lelang mobil bekas koruptor


    Pemerintah melalui Kemenkeu sering melakukan kegiatan lelang untuk beberapa hasil sitaan yang merupakan aset negara

    Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terbilang sering melakukan lelang pada sejumlah barang yang menjadi aset negara hingga hasil rampasan dari para tersangka pidana korupsi

    Objek lelang ini salah satunya adalah kendaraan, contohnya adalah Toyota Crown 2013 hasil sitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ditawarkan di situs lelang.go.id. Sedan mewah Jepang ini diduga milik tersangka korupsi yang merupakan mantan Ketua Mahkama Konstitusi (MK) Akil Mochtar.

    Peluang membeli mobil lelang adalah mendapatkan harga miring dibanding pasaran. Misal, Crown itu dilelang start Rp363,905 juta, sementara dipantau di situs jual beli mobil bekas kisaran harganya hingga Rp650 juta. 

    Berikut cara untuk mengikuti lelang negara :

    Mengikuti lelang aset negara dapat dengan mengunjungi situs lelang.go.id di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atau download aplikasinya via android.

    Untuk memiliki akun yakni dengan masuk ke menu pendaftaran dan mengisi data berupa ; nama lengkap, alamat sesuai dengan KTP, nomor telepon dan juga alamat email.

    Sebelum mengikuti lelang, kita juga diminta melengkapi syarat wajib lanjutan, yaitu menyertakan nomor rekening bank, KTP, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 

    Dalam proses mengikuti lelang, kita harus menyertakan uang pangkal (uang jaminan) yang nilainya sudah disertakan pada objek lelang negara tersebut. Sebagai contoh Toyota Crown dengan jaminan yang diminta adalah Rp75 Juta.



    Kalian juga dapat mengetahui detail mengenai syarat dan ketentuan mengenai lelang di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) melalui situs berikut https://lelang.go.id/page/syarat-dan-ketentuan

     


    Oleh : Indra Gunawan

    Sumber : CNN Indonesia