•   News  
  • Peluncuran Kampanye Wheels Make Movement untuk Membantu Ekonomi Pekerja Informal Korban Pandemi


    Bike to Work Indonesia bersama Human on Wheels dan Biru bekerja sama dengan Kamengski, Mujiono Cycling Cap serta Thumbler.id meluncurkan kampanye untuk membantu para pekerja informal korban pandemi. Para selebritas dan influencer ternama pun ikut ambil bagian.

    Jakarta, 2 Oktober 2020 - Komunitas pecinta sepeda Bike to Work Indonesia bersama Human on Wheels dan Biru menginisiasi kampanye bertajuk Wheels Make Movement untuk membantu para pekerja informal yang usahanya terimbas pandemi COVID-19. Seperti kita ketahui, pandemi COVID-19 memiliki berbagai dampak buruk ke berbagai hal, salah satunya ekonomi. Para pekerja informal adalah salah satu yang terdampak paling parah.

    International Labour Organization (ILO) atau Organisasi Buruh Dunia memperkirakan sebanyak 1,6 miliar pekerja informal di seluruh dunia terdampak oleh pandemi COVID-19. Di Indonesia sendiri, ada sekitar 70 juta pekerja informal yang tercatat. Ketua Komunitas Bike to Work, Putut Soedarjanto mengatakan setelah melihat data tersebut dan kondisi di lapangan, Bike to Work Indonesia bersama Human on Wheels dan Biru menginisiasi kampanye untuk membantu para pekerja informal yang terdampak pandemi.

    “Banyak orang terdampak secara ekonomi akibat pandemi COVID-19, maka kepekaan sosial sangat dibutuhkan dari kita semua. Saya mengajak Anda semua untuk terlibat dalam program #WheelsMakeMovement yang sangat baik ini. Bukan hanya untuk mereka yang terdampak, tetapi sesungguhnya juga untuk diri kita sendiri,”ujarnya. Ade Putri Paramadita, salah satu pesepeda yang ikut ambil bagian dalam kampanye ini mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi wujud nyata kepedulian untuk membantu sesama ini. “Saya berharap, banyak yang akan berpartisipasi dalam kampanye Wheels Make Movement karena di saat ini, kita sudah seharusnya saling membantu satu sama lain,” ujarnya.



    Founder Human on Wheels, Nisa Arby menambahkan bahwa inisiatif ini muncul setelah dirinya melihat langsung perubahan yang terjadi di masa pandemi. Ia mengatakan kampanye Wheels Make Movement akan berfokus kepada para pekerja informal yang aktivitas kerjanya berkaitan dengan roda. “Tema yang kami angkat “Wheels Make Movements” diharap bisa sangat membantu dan memberikan impact kepada isu masalah dunia saat ini, khususnya ekonomi di Indonesia dan para pekerja informal. Kami berharap movement ini dapat berjalan dan dapat membantu berputarnya kembali roda ekonomi dan kehidupan para pekerja informal,” jelas Nisa Arby.

    CEO & Founder Biru, Pandhu Adjisurya mengatakan kampanye ini akan fokus kepada para pekerja informal yang aktivitas kerjanya berkaitan dengan roda. Contohnya seperti tukang jahit keliling, tukang kopi keliling, pedagang kembang tahu, dan lainnya. “Mereka ini paling terdampak karena adanya pembatasan sosial, yang membuat usaha mereka terimbas cukup parah. Nantinya 50% dari keuntungan penjualan merchandise Wheels Make Movement akan dialokasikan untuk bantuan modal kerja para pekerja informal tersebut,” jelasnya.

    Dalam memproduksi merchandise Wheels Make Movement ini, pihaknya menggandeng beberapa brand lokal ternama seperti Kamengski, Mujiono Cycling Cap, dan Thumbler.id. Merchandise apparel ini didesain oleh Rasefour atau Gandhi Setyawan, seorang visual artist
    asal Yogyakarta. Produknya antara lain t-shirt, cycling cap, masker, dan tumbler

    Nantinya, bagi masyarakat yang ingin ikut andil dan melakukan pre-order merchandise Wheels Make Movement bisa mengunjungi situs Wheels Make Movement atau menghubungi akun Instagram @biruberbagi.id. Fact Sheet Bike to Work Indonesia adalah komunitas penggemar kegiatan bersepeda untuk pergi bekerja. Kegiatan ini dilakukan terutama oleh para pekerja yang ingin menggunakan transportasi yang lebih ramah lingkungan dan sehat. Informasi mengenai Bike to Work Indonesia bisa dilihat juga melalui Website B2W Indonesia dan akun Instagram @b2w_indonesia.

    Human on Wheels adalah media informasi tentang segala hal yang berkaitan dengan alat transportasi beroda dan hubungannya dengan manusia. Segala informasi tersebut bisa diakses melalui Website Human On Wheels dan akun Instagram @humanonwheels. Biru adalah cause marketing agency yang didirikan dengan visi meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu sosial, kesehatan dan lingkungan. Hal itu demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat kurang mampu di seluruh Indonesia. Informasi lanjutan mengenai Biru bisa dilihat di Website Biru Berbagi atau akun Instagram @biruberbagi.id.

    Informasi lebih lanjut: Immanuel Giras Pasopati 
    Chief Marketing Officer & Head of Communication Biru
    Email: giras.pasopati@biruberbagi.id
    Mobile: (+62) 811 8996991