•   News  
  • BlackBerry Pindah Haluan ke Otomotif


    Bersama dengan Microsoft dan Windows Phone, BlackBerry ukir sejarah baru dalam industri mobil.

    Perusahaan ponsel pintar, BlackBerry kini sedang berjuang di sektor otomotif. Perusahaan asal Kanada tersebut bersama Microsoft dan Windows Phone sedang merancang kendaraan listrik.

    Baru-baru ini, BlackBerry menandatangani kesepakatan dengan Desay SV Automotive untuk membangun pengontrol domain kemudi otonom untuk Xpeng P7 yang dibangun oleh Xpeng Motors.

    Dengan kata lain, BlackBerry akan menghadirkan sistem operasi yang diperlukan, sementara Desay akan berkontribusi dengan kontrol penggerak otomatis yang disebut IPU-03.

    Dilansir dari otomotif okezone, yang dikutip dari Autoevolution, bersama-sama perusahaan tersebut berencana menawarkan pengalaman berkendara yang unik di kendaraan listrik China.


    Salah satu yang menjadi fokus sistem operasi BlackBerry yang bernama QNX adalah sistem yang berfokus pada keamanan. Hal ini diyakini merupakan sesuatu yang telah menjadi bagian dari DNA BlackBerry selama bertahun-tahun.

    Ini dikarenakan banyaknya mobil yang semakin pintar dalam perangkat lunak di bagian keamanan yang menjadi prioritas. Sehingga QNX diharapkan akan menjadi platform pilihan bagi lebih banyak pembuat mobil.


    Untuk sistem penggerak cerdas di Xpeng P7, hanya menggunakan perangkat keras generasi terbaru yaitu NVIDIA Xavier yang dinilai dapat membaca dan menganalisis data dari sensor secara lebih cepat.


    Oleh : Indra Gunawan

    Sumber : Otomotif Okezone