•   News  
  • Gabung Yamaha SRT, Rossi berpendapat seperti balik ke era 2-Tak


    Setelah beberapa tahun terakhir muncul isu bahwa Rossi akan berpindah ke Petronas SRT, akhirnya musim depan Rossi resmi bergabung berasama tim satelit tersebut.

    Musim depan, legenda hidup MotoGP Valentino Rossi akan pindah ke tim Petronas Yamaha SRT. Berarti dia akan turun ke tim satelit yang secara level berbeda di bawah tim pabrikan.

    Meski statusnya berada di tim satelit, tapi Rossi akan tetap mendapat dukungan penuh dari Yamaha, sama seperti pembalap pabrikan.

    Tetapi ini bukan kali pertama Rossi berada di tim satelit, di awal karirnya di kelas GP500 Rossi pernah membalap di tim satelit Nastro Azzuro Honda pada tahun 2000-2001.

     

    Dikutip dari GPOne, Rossi mengatakan “Rasanya akan seperti 500 (GP500) di tim satelit Nastro Azzuro Honda tapi dengan motor pabrikan”.

    Rossi optimis tetap bisa tampil baik musim depan. Semangatnya masih sama seperti 20 tahun lalu, motornya kompetitif, dan dia pernah membuktikan berada di tim satelit bisa menjadi juara dunia.

    Setelah lama diberitakan, Rossi akhirnya resmi bergabung dengan Petronas Yamaha SRT. Pembalap asal Italia tersebut telah menandatangani kontrak untuk satu musim.

    Rossi sudah bersaing di kelas utama sejak tahun 2000. Pembalap yang kini berusia 41 tahun itu satu-satunya pembalap dalam sejarah yang memenangkan Kejuaraan Dunia kelas 125cc, 250cc, 500cc dan MotoGP.

    Di kelas utama saja, Rossi memiliki tujuh gelar dunia, 89 kemenangan balapan, 199 podium, 55 posisi terdepan dan 76 lap tercepat.

    Sebagai bagian dari Petronas Yamaha SRT pada 2021, terhitung Rossi akan bersaing dengan Yamaha YZR-M1 yang telah bersamanya selama sembilan musim berturut-turut.

    Oleh : Indra Gunawan

    Sumber : Otomotif Kompas